Perpustakaan Umum Makassar Bakal Hadirkan Layanan American Corner

  • Bagikan
Dinas Perpustakaan Kota Makassar menjalin kerja sama dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk mendirikan American Corner di ruang publik.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Dalam upaya meningkatkan akses informasi pendidikan internasional bagi masyarakat, Dinas Perpustakaan Kota Makassar menjalin kerja sama dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk mendirikan American Corner di ruang publik.

Deputy Cultural Kedutaan Besar Amerika Serikat Abraham Y. Lee mengatakan, Makassar merupakan kota yang strategis sehingga pihaknya memilih Makassar untuk menghadirkan layanan American Corner di ruang publik.

"Kami mengakui Sulawesi adalah daerah yang sangat penting dan Makassar adalah gateway-nya Indonesia. Rencana kami, American Corner tidak hanya di Kampus saja tetapi bisa di ruang publik termasuk di Perpustakaan Umum Kota Makassar," ungkap Abraham Y. Lee.

Saat ini, American Corner hanya tersedia di Perpustakaan Universitas Hasanuddin. Namun, dengan kerja sama ini, layanan serupa akan diperluas ke perpustakaan lain di Kota Makassar. Sehingga, menjadikan Makassar sebagai kota pertama di luar Jakarta yang memiliki American Corner di ruang publik.

Direktur Pusat Informasi Konsulat Jenderal Amerika Serikat Christian N. Simanullang mengatakan, jika American Corner nanti terealisasi di Perpustakaan Umum Kota Makassar maka Kota Makassar akan menjadi kota pertama yang akan memiliki informasi American Corner di luar kampus.

"Makassar akan menjadi Kota pertama yang memiliki American Corner yang ditempatkan di ruang publik dan menjadi lokasi American Corner ke 10 setelah 9 American Corner yang semuanya berada di kampus," tutur Christian N. Simanullang.

"American Corner tidak saja menyediakan informasi berupa buku dan yang lainnya tetapi setiap bulan ada kegiatannya minimal 4 kali sebulan," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Andi Patiware menyambut positif rencana kerja sama ini. Ia berharap sinergi yang baik ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dalam mengembangkan potensi pendidikan, serta memperluas jaringan kerja sama antara lembaga pendidikan lokal dan internasional.

",Alhamdulillah, kami mendapat tawaran kerja sama dari Kedutaan dan Konsulat Jenderal Amerika untuk meningkatkan layanan perpustakaan di Kota Makassar. Kami sementara membangun hubungan dan rencananya akan mendapatkan American Corner," ungkap Andi Patiware.

Dia menekankan akan segera melakukan koordinasi lebih lanjut atas tawaran ini. Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto pun disebutnya ikut menyambut baik rencana ini.

"Walikota Makassar menyambut baik rencana kerja sama dengan kedutaan besar AS dan beliau merencanakan penempatannya di Mal Pelayanan Publik Makassar/Makassar Government Center (MGC) yang diperkirakan rampung bulan Mei tahun ini," jelas Andi Pattiware.

Lanjut dia, American Corner ini nanti akan menjadi bagian layanan perpustakaan khusus di MGC dan menjadi salah satu Perpustakaan binaan Dinas Perpustakaan Kota Makassar. (Shasa/B)

  • Bagikan