Berikut Jadwal Lengkap Sidang Isbat Penentuan 1 Ramadhan 2024!

  • Bagikan
Pelaksanaan sidang isbat 1 Syawal 1444

RAKYATSULSEL – Bulan suci Ramadhan 2024 akan segera tiba, dalam waktu hanya menghitung beberapa hari lagi seluruh umat muslim diseluruh dunia termasuk Indonesia akan segera menyambut bulan yang penuh keberkahan ini, lalu kapan penentuan 1 Ramadhan 2024?

Berdasarkan informasi yang dilansir melalui laman Kementerian Agama Republik Indonesia, Kemenang akan menggelar sidang Isbat penetapan awal Ramadhan 1445 H pada 10 Maret 2024 mendatang.

Sidang Isbat tersebut akan digelar di Auditorium H.M Rasjidi Kementerian Agama, Jl. M.H. Thamrim, Jakarta Pusat.

Sedangkan, pemantauan Hilal akan dilakukan di 134 titik di seluruh Indonesia.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Dirjen Bimas Islam) Kamaruddin Amin mengungkapkan bahwa Sidang Isbat ini akan berlangsung secara hybrid, daring dan juga luring.

“Sidang Isbat ini merupakan salah satu layanan keagamaan bagi Masyarakat untuk mendapatkan kepastian mengenai pelaksanaan ibadah,” ujar Dirjen dalam sesi Rapat Pembahasan Persiapan Penetapan awal Ramadhan di Jakarta.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenang, Adib juga menambahkan bahwa pada Sidang Isbat yang akan digelar tahun ini melibatkan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama serta dihadiri oleh para duta besar negara sahabat dan perwakilan ormas Islam.

  • Bagikan