Gunung Api Ruang Kembali Meletus hingga Buat Gempa Terus Menerus, Status Dinaikkan Jadi Awas

  • Bagikan
Gunungapi Ruang, kembali meletus pada Selasa (30/4) dini hari. Status Gunung Ruang menjadi level IV atau 'Awas' per hari ini, Selasa (30/4) pukul 01.30 WITA.

SULAWESI UTARA, RAKYATSULSEL - Gunungapi Ruang, Sulawesi Utara kembali meletus pada Selasa (30/4) dini hari. Atas kejadian itu, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) kembali menaikkan status Gunungapi Ruang menjadi level IV atau 'Awas' per hari ini, Selasa (30/4) pukul 01.30 WITA.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari, peningkatan status tersebut dilakukan setelah gunungapi berjenis stratovolcano itu kembali meletus dan mengeluarkan kolom erupsi mencapai 2.000 meter dari atas puncak.

"Disertai suara gemuruh dan gempa yang dirasakan secara terus menerus," ujarnya kepada wartawan, Senin (30/4).

Di samping itu, peningkatan status Gunungapi Ruang juga, kata Muhari, didasari oleh hasil evaluasi pengamatan secara instrumental yang mana jumlah kejadian gempa vulkanik dalam (VTA) dan dangkal (VTB) meningkat secara signifikan pada 29 April 2024 yang disertai visual hembusan asap kawah.

"Hingga saat ini hasil pengamatan masih menunjukkan terjadinya proses peretakan batuan disertai migrasi magma dari reservoir magma dalam ke permukaan," ungkapnya.

Pada tanggal 29 April 2024 periode 00.00-24.00 WITA sendiri, Muhari menyebut bahwa tercatat 15 kali gempa guguran, 237 kali gempa vulkanik dangkal (VTB), 425 kali gempa vulkanik dalam (VTA), 15 kali gempa tektonik lokal, dan 6 kali gempa tektonik jauh.

"Pada periode ini terjadi kembali peningkatan kegempaan di Gunungapi Ruang terutama pada jumlah gempa vulkanik dalam," katanya.

  • Bagikan