Cegah Abrasi, Kakorpolairud Baharkam Polri Tanam Mangrove di Takalar

  • Bagikan
Penanaman mangrove sebanyak 500 pohon di Lingkungan Parialau, Kelurahan Takalar Lama, Kecamatan Mappakkassunggu, Selasa (04/06/2024).

TAKALAR, RAKYATSULSEL - Dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke-78, Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri melalukan bhakti sosial dan bhakti kesehatan secara gratis di lapangan Galesong Utara, Selasa (04/06/2024).

Diketahui bantuan sosial ini, sebanyak 2000 paket sembako yang diberikan ke masyarakat yang kurang mampu dan 850 masyarakat yang diberikan layanan kesehatan, meliputi pengobatan umum, konsultasi, perawatan minor, pemeriksaan mata, serta layanan laboratorium sederhana dan obat-obatan.

Setelah itu dilanjutkan penanaman mangrove sebanyak 500 pohon di Lingkungan Parialau, Kelurahan Takalar Lama, Kecamatan Mappakkassunggu, Selasa (04/06/2024).

Kakorpolairud Baharkam Polri, Brigjen Pol Mohammad Yassin menegaskan bahwa kehadirannya
bukan hanya seremonial saja akan tetapi saya berpesan ke masyarakat untuk bisa menjaga kelestarian pohon mangrove yang kita tanam secara seremonial hari ini.

Sebab, manfaat mangrove masih asing di telinga kita atau istilahnya blue carbon. Sehingga penanaman mangrove yang bagus, bisa bertumbuh dan berkembang dengan baik itu akan membuat blue carbon oksigen biru yang sehat untuk kehidupan manusia bukan itu saja, tetapi ekosistem dari pengalaman mangrove ini adalah bisa menjadi penahan erosi dan gelombang bisa menjadi benteng yang tumbuhan mangrove ini dan sekaligus banyak manfaat lainnya bisa berkembang biaknya ikan setelah itu kepiting.

Selain itu, menurut Brigjen Pol Mohammad Yassin tanaman mangrove ini bisa juga menjadi sumber makanan. "Mungkin masyarakat belum mengetahui bahwasanya tumbuhan mangrove bisa dibuat menjadi keripik, kerupuk bisa jadi sirup," jelas Brigjen Pol Mohammad Yassin.

"Saya mengucapkan banyak terima kasih yang sebesar-besarnya buat ibu dan bapak yang turut menanam mangrove sebanyak  2000 pohon," tutupnya. (Tiro)

  • Bagikan