Bawaslu Warning ASN yang Berniat Maju di Pilkada 2024

  • Bagikan
Komisioner Bawaslu Sulsel, Saiful Jihad (dok)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Beberapa Aparatur Sipil Negara (ASN), digadang-gadang akan maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) November 2024 nanti. 

Mulai Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sidrap, Muhammad Yusuf, putra mantan Bupati Sidrap ini hampir dipastikan akan maju di Bumi Nene Mallomo. Andi Rosman yang saat ini masih tercatat sebagai staf Ahli Pemerintah daerah Pemda Maros dan Irwan Adnan yang juga berstatus sebagai ASN Kota Makassar dan siap bertarung di Kota Daeng.

Selanjutnya Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Palopo, Rustam Lalong dan mantan kepala Dinas Kesehatan Palopo, dokter Nasaruudin Nawir.

Komisioner Bawaslu Sulsel, Saiful Jihad menegaskan jika pihaknya akan mengawasi keterlibatan ASN yang ingin maju sebagai bakal calon kepala daerah (bacakada).

"Catatan kami menyampaikan beberapa pihak ASN yang kemudian mendekati partai untuk mendaftar calon di jalur partai. Kami  sudah ingatkan secara personal kami surati hal-hal berkaitan dengan keterlibatan mereka harus dipastikan," ujarnya. 

Dirinya menyebutkan putusan SKB lima lembaga negara, ASN yang melakukan pendekatan kepada parpol adalah tindakan yang melanggar. Bawaslu Sulsel pun sudah mendapatkan beberapa daerah yang terindikasi adanya ASN yang ingin maju di Pilkada Sulsel yang mencoba melakukan pendekatan kepada parpol.

  • Bagikan