Kloter 37 Jadi Penutup Embarkasi Makassar, Tiga JCH Pengganti Diberangkatkan

  • Bagikan
Proses pemberangkatan Kloter 37 JCH Embarkasi Makassar, Minggu ( 9/6/2024) dini hari

MAKASSAR, RAKYATSULSEL- Kelompok terbang (Kloter) 37 jemaah calon haji (JCH) Embarkasi Makassar sudah bertolak ke tanah suci, sebanyak 455 jemaah diberangkatkan dini hari, Minggu (9/6/2024).

Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Selatan (Sulsel), Ikbal Ismail menyampaikan sejak pemberangkatan kloter pertama hingga kloter terakhir totalnya mencapai 16.644 orang, rinciannya 5.997 laki-laki dan 10.647 perempuan.

Kata dia, berbeda dengan jumlah dengan penerbangan sebelumnya, kloter 37 menjadi penerbangan untuk JHC yang sempat ditunda atau pindah kloter dan pengganti JCH yang batal berangkat tahun ini.

Ia menyampaikan, sebanyak tiga orang batal berangkat tahun ini, satu orang pengganti JCH yang positif hamil, satu orang mengalami gangguan kesehatan serius dan satu orang meninggal sebelum berproses di Asrama Haji. Sementara dua lainnya adalah JCH yang dilakukan pemindahan kelompok terbang, karena mengalami gangguan kesehatan.

“Jadi jumlah normalnya kan sebanyak 450 orang setiap kloter, untuk kloter 37 ini lebih lima orang yang terdiri dari jemaah tunda dan jemaah pengganti,” tuturnya saat diwawancara Rakyat Sulsel, Minggu (9/6/2024).

Ia melanjutkan, pihaknya kembali akan bertugas menerima para Jemaah saat kepulangan dari Tanah Suci pada tanggal 23 Juni 2024 mendatang.

“Jadi kami akan kembali menerima kloter pertama pada 23 Juni 2024,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Sulsel, Muhammad Tonang menyampaikan terima kasih kepada seluruh stakeholder, yang selama ini membantu proses penerimaan dan Pemberangkatan Jemaah Haji di asrama haji Sudiang Makassar.

Ia menuturkan, apa yang telah dikerjakan selama proses pemberangkatan haji diharapkan bernilai ibadah disisi Tuhan.

“Mudah-mudahan ini bisa menjadi jariyah kita di sisi-Nya,” kuncinya. (Abu/B)

  • Bagikan