Humas Pemkab Selayar Optimalkan Layanan Publik melalui Monev dan Pengukuhan Tim Simpul SP4N Lapor

  • Bagikan

KEPULAUAN SELAYAR, RAKYATSULSEL – Untuk mengoptimalkan layanan pengaduan, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar melalui Bidang Hubungan Masyarakat, Informasi, dan Komunikasi Publik (Humas IKP) Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfo-SP) bekerja sama dengan USAID ERAT melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) SP4N Lapor. Acara ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati H. Saiful Arif.

Kegiatan yang digelar di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Bupati pada Senin (24/6) ini diikuti oleh para simpul SP4N Lapor dari berbagai instansi yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup Saiful Arif menekankan bahwa kegiatan Monitoring dan Evaluasi Layanan Pengaduan SP4N Lapor merupakan bagian dari upaya untuk mengoptimalkan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan.

"Pelaksanaan Monev ini memiliki peran strategis dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan layanan pengaduan masyarakat yang lebih maksimal melalui Tim Simpul SP4N Lapor," ucapnya.

Ia melanjutkan bahwa penanganan pengaduan yang efektif akan memberikan penyelesaian masalah di tengah masyarakat dan berkontribusi langsung terhadap tata kelola pemerintahan serta memperkuat fungsi layanan publik.

Wabup juga menambahkan bahwa tugas pelayanan publik pemerintah tidak selalu dapat terlaksana dengan sempurna, sehingga peran masyarakat sangat penting. Laporan dari masyarakat dapat membantu pemerintah dalam penyempurnaan pelayanan.

"Begitu juga dalam pembangunan, ada yang puas dan ada yang tidak puas, dan ini menjadi tugas kita sebagai pelayan masyarakat untuk menciptakan kepuasan dan kenyamanan yang tentunya berorientasi pada kesejahteraan masyarakat," kunci Wabup dalam arahannya.

Dalam kesempatan yang sama melalui Zoom meeting, Saiful Muluk dari USAID ERAT sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Pemkab Selayar dalam upaya peningkatan layanan publik dengan pemanfaatan dan pengelolaan Aplikasi SP4N Lapor.

Rangkaian Monev ini diawali dengan pengukuhan 46 orang admin simpul SP4N Lapor Pemkab Kepulauan Selayar oleh Wabup Saiful Arif, disaksikan oleh Kadis Kominfo Ahmad Yani, Kabid Humas Andi Sandra Esty, dan Perwakilan USAID ERAT di Kabupaten Kepulauan Selayar, Baharuddin Solong.

Selain itu, rangkaian acara juga meliputi diskusi dan paparan materi dari Asisten Deputi Pemberdayaan Partisipasi Masyarakat, Deputi Pelayanan Publik Kementerian RB, Novita Purba, dan Fasilitator USAID ERAT, Saiful Muluk. (*)

  • Bagikan