Buah Perjuangan Hamka B Kady di Senayan, Bendungan Pamukkulu di Takalar Bakal Diresmikan Presiden Jokowi

  • Bagikan
Anggota Komisi V DPR RI Hamka B Kady.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL – Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan meresmikan Bendungan Pamukkulu besok, Jumat, 5 Juli 2024. Bendungan dengan tipe Concrete Face Rockfill Dam (CFRD) ini memiliki daya tamping efektif 77 juta meter kubik, dengan luas genangan 460 hektare.

Salah satu sosok yang berjasa menghadirkan bendungan ini adalah Hamka B Kady, Anggota Komisi V DPR RI. Dua periode berada di Senayan, politisi senior Partai Golkar ini sejak awal bertekad mengawal Pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) ini hingga tuntas.

“Rintisan proyek ini sejak 2014, ini janji saya saat pertama kali terpilih menjadi Anggota DPR adalah menyelesaikan Bendungan Pamukkulu, Kabupaten Takalar,” kata Hamka B Kady, beberapa waktu lalu.

Pembangunan Bendungan Pamukkulu ini dibangun sejak 15 November 2017. Hamka menyatakan, kala itu pembebasan lahannya menemui hambatan cukup rumit. Namun lambat laun, masalah tersebut menemui titik temu dan solusi mengingat manfaat bendungan ini untuk kemaslahatan rakyat Takalar.

Hamka B Kady yang merupakan Anggota Komisi V sekaligus Badan Anggaran DPR RI, terus mengawal keberlanjutan proyek ini. Ia juga turun langsung meninjau sejauh mana progres proyek tersebut agar selesai tepat waktu dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, khususnya di Kabupaten Takalar.

Berdasarkan data yang dihimpun, bendungan ini dapat melayani irigasi seluas 6.188 hektare dan meningkatkan Indeks Pertanian (IP) dari yang semula 183 persen menjadi 250 persen.

Bendungan Pamukkulu juga memberikan manfaat air baku dengan kapasitas 160 liter/detik, potensi pembangkit listrik tenaga air 4,3 MW dan juga pengendalian banjir di Kabupaten Takalar. Bendungan ini merupakan proyek multiyears, yang dikerjakan dengan total anggaran senilai Rp1,6 triliun. (*)

  • Bagikan