KPU Sulsel Gandeng Mahasiswa KKN Unhas Sosialisasikan Pilkada

  • Bagikan
Mahasiswa Unhas yang ikut KKN Tematik Pilkada mengikuti pembekalan yang digelar oleh KPU Sulsel di Hotel Claro Makassar, Rabu (3/7/2024).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Sebanyak 260 mahasiswa dari Universitas Hasanuddin (Unhas) akan mengikuti KKN Tematik Pilkada. Para mahasiswa ini akan disebar ke 24 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Mahasiswa Unhas yang ikut KKN Tematik Pilkada mengikuti pembekalan yang digelar oleh KPU Sulsel di Hotel Claro Makassar, Rabu (3/7/2024). Kegiatan tersebut dibuka oleh Komisioner KPU Sulsel Divisi SDM dan Litbang, Tasrif, dan diikuti oleh komisioner KPU kabupaten/kota se-Sulsel.

Tasrif mengatakan bahwa KPU Sulsel selalu mendorong partisipasi berbagai komponen masyarakat untuk berperan aktif dalam menyampaikan informasi terkait penyelenggaraan Pilkada yang akan dilaksanakan pada 27 November mendatang.

"Penyelenggara Pemilu harus membuka ruang kerjasama bagi semua elemen. Karena itulah kami menggandeng peserta KKN Tematik Unhas," ungkapnya.

Ia berpesan bahwa KPU kabupaten/kota harus melibatkan para peserta KKN dalam sosialisasi dan perkenalan terkait Pilkada serentak bagi masyarakat.

Sementara itu, Komisioner Divisi Sosialisasi KPU, Hasruddin Husain, menerangkan bahwa keterlibatan peserta KKN Unhas dalam sosialisasi Pilkada serentak merupakan tindak lanjut dari Perjanjian Kerja Sama (PKS) dalam program kemitraan antara KPU Sulsel dan Unhas.

Ia mengatakan bahwa ada beberapa isu strategis yang akan menjadi penekanan bagi mahasiswa KKN Tematik untuk disosialisasikan kepada masyarakat, diantaranya terkait netralitas TNI/Polri, isu hoaks, hingga menggugah partisipasi pemilih.

"Jadi selama 45 hari, mereka akan membantu KPU menjadi corong informasi kepada masyarakat terkait pelaksanaan Pilkada serentak di Sulsel," jelasnya.

Direktur Transformasi Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Unhas, Syahrianti Saad, menerangkan bahwa Unhas akan membuka ruang seluas-luasnya bagi seluruh mahasiswa yang tergabung dalam KKN Tematik Pilkada untuk berkreasi dan berkolaborasi dengan KPU demi menyukseskan Pilkada serentak 2024.

"Mahasiswa yang ingin belajar dan berupaya membantu menyelesaikan persoalan di masyarakat, ini waktu yang tepat," tambahnya. Unhas menyiapkan 25 dosen pendamping terbaik untuk mendampingi mahasiswa yang ber-KKN. (Yadi/B)

  • Bagikan