Telah Mendunia, Kemenkumham Sulteng Lakukan Monitoring Populasi Ikan Sidat Marmorata di Poso

  • Bagikan
Tim layanan KI Kemenkumham Sulteng bersama Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Poso, saat mengunjungi lokasi habitat dan budidaya ikan sidat marmorata.

“Ikan ini memiliki khasiat yang baik, proteinnya bahkan melebihi ikan salmon. Ini jadi perhatian kita tentu, banyak upaya kita lakukan agar mereka terus bertambah jumlahnya,” terangnya.

Dari hasil peninjaun tersebut, diketahui populasi ikan sidat marmorata masih terjaga dengan baik serta mudah untuk didapatkan. Hal itu juga ditegaskan oleh Zumratun salah satu pelaku usaha yang memanfaatkan ikan sidat marmorata sebagai produk usahanya, berupa abon hingga minyak yang kaya manfaat.

Ia mengatakan, bahwa disamping omzet usahanya meningkat, produksinya juga tetap berjalan lancar.

“Tidak susah mendapatkan ikannya, ketika kita butuh, pasti ada, jadi tidak ada kendala. Kita bersyukur sekali, apalagi, banyak pembeli yang merasakan manfaatnya ikan sidat kita ini,” imbuh Zumratun.

Dalam keterangannya, Hermansyah Siregar berharap agar jumlah populasi ikan sidat marmorata terus meningkat lebih baik. Ia juga mengimbau agar seluruh masyarakat Kab. Poso terus bersinergi untuk melindungi produk unggulannya.

Ia juga memastikan akan intens mempromosikan ikan sidat marmorata dikancah nasional maupun internasional.

“Ini menjadi catatan yang sangat baik ya, kita mau ikan sidat marmorata ini lestari abadi di Kab. Poso, kita akan terus berupaya agar lebih dikenal diseluruh dunia,” pungkas Hermansyah Siregar. (*)

  • Bagikan