Kembangkan Usaha Masyarakat Desa Lampoko, PLN Kembali Raih Penghargaan Nusantara CSR Awards 2024 Kategori Platinum Plus

  • Bagikan

MAKASSAR , RAKYAT SULSEL - PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sulawesi kembali meraih penghargaan Platinum Plus pada ajang penganugerahan Nusantara CSR Awards 2024.

Penghargaan diberikan oleh La Tofi School of Social Responsibility pada kategori SDG's #8 Pertumbuhan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi melalui Program Pengembangan Usaha Masyarakat Desa Lampoko di Jakarta, Rabu (17/07).

Nusantara CSR Awards 2024 merupakan ajang penganugerahan bergengsi yang digelar setiap tahunnya kepada perusahan-perusahaan yang menjalankan program Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL). Dimana dalam hal ini telah memberikan banyak manfaat bagi masyarakat di Indonesia.

La Tofi selaku Chairman La Tofi School of Social Responsibility mengungkapkan, pada ajang Nusantara CSR Awards 2024, terdapat tiga perusahaan besar di Indonesia yang menerima penghargaan sebagai The Most Responsible Companies 2024.

Salah satu diantaranya PT PLN (Persero) dengan kategori Platinum Plus yang telah berhasil melaksanakan 31 program CSR/TJSL.

"Kami ingin program-program TJSL dari seluruh wilayah Indonesia, muncul lebih kuat agar membuat banyak perubahan di setiap daerah yang ada di Indonesia", imbuh dia.

Senior Manager Perizinan, Pertanahan & Komunikasi PLN UIP Sulawesi Nur Akhsin menjelaskan bahwa PLN UIP Sulawesi dalam menjalankan tugasnya menyediakan pasokan listrik melalui Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan.

Juga senantiasa menjalankan program TJSL yang memberikan kemanfaatan baik bagi masyarakat maupun lingkungan.

Salah satunya melalui pengembangan usaha masyarakat di sekitar infrastruktur ketenagalistrikan PLTU Barru-2 yang berlokasi di Desa Lampoko Kecamatan Balusu Kabupaten Barru Sulawesi Selatan.

Penghargaan ini adalah bukti nyata kontribusi PLN yang telah dijalankan secara berkelanjutan sejak tahun 2021 hingga 2023.

Berawal dari pengembangan penggarapan lahan, budidaya pertanian bawang merah, sampai dengan pengolahan dan penjualan bawang goreng yang dijalankan Kelompok Wanita Tani Bunga Desa khususnya di Desa Lampoko.

"Dimana hal ini sejalan dengan prinsip Environmental, Social dan Governance (ESG) yang dijalankan perusahaan,” ujarnya.

Kepala Desa Lampoko Budiman, S.A.P.selaku mitra PLN yang berkolaborasi dalam menjalankan program ini mengungkapkan rasa terima kasih dan bangga atas prestasi yang dicapai oleh PLN UIP Sulawesi.

"Mewakili masyarakat Desa Lampoko kami memberikan apresiasi kepada PLN UIP Sulawesi atas raihan penghargaan bergengsi pada Penganugerahan Nusantara CSR Awards 2024 kategori Platinum Plus melalui Program PLN Peduli Pengembangan Usaha Desa Lampoko. Hal ini menjadi kabar gembira bagi kami selaku penerima manfaat sehingga harapannya kami semakin meningkatkan kualitas dalam mengembangkan produk usaha secara mandiri," pungkas Budi.

  • Bagikan