Pemprov Kembali Ekspor Berbagai Komoditas di Sulsel, Nilainya Rp 1,08 Triliun

  • Bagikan
Pj Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrulloh melepas komiditi paket ekspor pada acara Sulsel Go Ekspor di Jalan Sudirman (Depan Rumah Jabatan Gubernur Sulsel), Minggu, (21/7).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) kembali melakukan ekspor ke berbagai negara komoditi hasil olahan pertanian dan perikanan. Nilainya USD 67,08 juta, atau Rp 1,08 triliun.

Pelepasan komoditi, itu dilakukan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrulloh di depan rumah jabatan (Rujab) Gubernur Sulsel, Minggu (21/7).

Kata Prof Zudan--sapaan akrab Pj Gubernur Sulsel itu, ekspor tersebut akan menyasar 23 negara tujuan dengan 27 produk, dengan melibatkan 55 eksportir.

“Ini merupakan salah satu kebangkaan sulsel, bisa melakukan ekspor komoditas dan mengirimkan produknya ke luar negeri,” ungkap Prof Zudan.

Sementara itu, Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulsel Since Erna Lamba menyampaikan, volume ekspor yang baru saja dilakukan Pemprov Sulsel sebesar 138.734 ton.

Ia membeberkan, beberapa komoditas yang diekspor adalah arang tempurung kelapa, biji kakao, biji kopi, buah pala, carragenan, cengkeh, gandum, gurita, ikan olahan.

Lalu, untuk yang bersumber dari laut seperti ikan, telur ikan terbang dan udang. dan beberapa produk olahan seperti kayu olahan, konjac chips, konjac powder, merica. Kemudian kulit ari mente, mente kupas, minyak mente, minyak nilam, nikel, rumput laut, dan tepung rumput laut.

Ia juga menyampaikan, beberapa negara tujuannya diantaranya Amerika Serikat, Jepang, Jerman, Korea Selatan, Uni Emirat Arab, China dan banyak lagi.

Ia mengutarakan, kegiatan ekspor yang baru saja dilakukan pihaknya itu diharapkan bisa menjadi salah satu motivasi para pelaku usaha ekspor dari kawasan timur indonesia

“Kita berharap ini bisa menjadi pemicu peningkatan ekonomi tak hanya di Sulsel tetapi untuk wilayah lainnya,” tuturnya.

Kata dia, Ekspor kali ini nilainya USD 67,08 juta, atau Rp 1,08 triliun.

Untuk Informasi, pada Oktober 2023 lalu, Pemprov Sulsel juga melakukan ekspor ke berbagai negara dengan Nilai Ekspor US$ 96,49 Juta atau Rp. 1,46 Triliun yang diikuti oleh 81 pelaku usaha ekspor, dengan 37 Komoditas dan 29 Negara Tujuan Ekspor.

Adapun komoditas yang melintas dari selat makassar ke shanghai itu ialah Produk Alloy Nickel, Biji Kopi, Carrageenan, Udang Segar, Ikan Tuna, Rumput Laut, Cengkeh, Biji Kakao, Kakao Liquor, Cumi-cumi, dan daging Kepiting.

Selanjutnya, Mete Kupas, Porang Chips, Minyak Nilam, Rumput Siong, Marmer, Telur Ikan Terbang, Getah Pinus, Dedak Gandum, Ikan Olahan, Kayu Olahan, Kemukus (rempah-rempah), Mie Instan, Gambir, Damar, Loubster, Buah Kelapa, Cabe Merah, dan lain-lainnya. (Abu/C)

  • Bagikan