70 Siswa dari Berbagai Sekolah di Wajo Terpilih Jadi Paskibra

  • Bagikan
Sebanyak 70 siswa terbaik dari berbagai SMA di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, terpilih menjadi Pasukan Pengibar Bendera pada perayaan HUT RI ke-79 mendatang.

WAJO, RAKYATSULSEL – Setelah melalui seleksi ketat, sebanyak 70 siswa terbaik dari berbagai SMA di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, terpilih untuk menjadi Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra). Mereka mulai menjalani latihan di Lapangan Rumah Adat Attakae, Sengkang, Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo, pada Rabu (24/7/2024).

Pj Bupati Wajo, Andi Bataralifu, memimpin upacara pembukaan latihan calon Paskibra. Sebanyak 70 orang yang terdiri dari 35 laki-laki dan 35 perempuan akan bertugas mengibarkan bendera Merah Putih pada puncak Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI pada 17 Agustus 2024. Mereka terpilih menjadi perwakilan dari sejumlah SMA sederajat se-Wajo.

Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo, Armayani, mengemukakan bahwa seleksi Paskibra tingkat kabupaten Wajo dimulai sejak Februari lalu. Seleksi awal diikuti oleh 570 siswa dari 36 SMA sederajat dan dinyatakan lulus ke tahap selanjutnya sebanyak 231 orang.

"Kemudian, mereka secara bertahap mengikuti seleksi administrasi, Pancasila dan wawasan kebangsaan, tes intelegensi umum, seleksi kesehatan, seleksi parade, seleksi PBB, kesamaptaan, dan akhirnya 70 orang dinyatakan lulus untuk bertugas nantinya," tuturnya.

Pelaksanaan pendidikan dan pelatihan anggota Paskibra dilakukan hingga 16 Agustus mendatang. Ada empat tahap pendidikan dan pelatihan bagi Paskibraka Wajo tahun ini.

Tahap pertama berlangsung dari 24-31 Juli di Kompleks Rumah Adat Attakae, kemudian dari 1-15 Agustus di Lapangan Merdeka Sengkang. Pada tanggal 15 Agustus, renungan suci akan diadakan di Masjid Tua Tosora, dan pada 16 Agustus pengukuhan akan dilakukan di Ruang Pola Kantor Bupati Wajo.

Andi Bataralifu menyampaikan selamat kepada seluruh anggota Paskibra Wajo yang terpilih. "Semoga diberikan kekuatan dan semangat dalam mengikuti latihan sampai menyelesaikan tugas sebagai pengibar bendera pada puncak peringatan hari kemerdekaan nanti," tuturnya.

Ia juga berpesan agar anggota Paskibra dan penyelenggara betul-betul mempersiapkan diri dalam menyambut HUT RI. "Sebagaimana tugas dan tanggung jawab, kami harap apa yang diamanahkan hari ini dapat dikerjakan dengan sebaik-baiknya. Begitupun dengan para pelatih, purna jangan lelah untuk bekerja," pintanya.

Diketahui, personel Polres Wajo, Kodim 1406, tim pelatih, dan purna turut andil dalam pendidikan dan pelatihan anggota Paskibra tahun ini. (*)

  • Bagikan