Lestarikan Nilai-nilai Kepahlawanan Jelang Hari Pengayoman ke-79, Kemenkumham Sulteng Ziarah di TMP Tatura

  • Bagikan

PALU, RAKYATSULSEL – Menjelang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dan Hari Pengayoman Ke-79, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng) menggelar kegiatan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Tatura Palu pada Senin, (12/8/2024) pagi.

Kegiatan ini diikuti dipimpin oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng Hermansyah Siregar serta turut dihadiri oleh para Kepala Divisi, Pejabat Administrator dan Pengawas, Kepala UPT Pemasyarakatan dan Imigrasi se-Kota Palu, Sigi dan Donggala serta seluruh pegawai Kanwil Kemenkumham Sulteng.

Tidak hanya itu, kegiatan itu juga bertambah istimewa dengan kehadiran segenap pengurus Dharma Wanita Persatuan Pengayoman yang saat itu diwakili langsung Penasihat, Ny. Siska Novita Hermansyah.

Hermansyah Siregar menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk penghormatan yang tulus kepada para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan.

Momentum itu, kata dia, dilakukan sebagai upaya untuk meneladani nilai-nilai luhur yang mereka wariskan.

“Ziarah dan tabur bunga ini bukan hanya sekadar seremonial, tetapi juga menjadi momen refleksi bagi kita semua untuk meneruskan perjuangan para pahlawan dalam membangun bangsa,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia berharap agar kegiatan tersebut dapat menginspirasi seluruh jajaran Kanwil Kemenkumham Sulteng untuk senantiasa mengabdi dengan sepenuh hati bagi negara dan masyarakat.

Apalagi, ditengah perjalanan Kemenkumham yang akan memasuki usia ke-79 tahun, nilai-nilai kepahlawan seperti semangat juang, rela berkorban, dan integritas harus menjadi aktualisasi oleh seluruh insan pengayoman dalam berkinerja mendukung pembangunan nasional.

“Para pahlawan telah memberikan contoh nyata tentang pengabdian tanpa batas. Kita sebagai generasi penerus harus melanjutkan perjuangan mereka dengan cara menghabituasikan atas aktualisasi nilai semangat juang, ketulusan hingga integritas dalam berkinerja,” ungkapnya.

Untuk menyemarakkan Peringatan Hari Pengayoman sendiri, Kemenkumham Sulteng juga akan melaksanakan berbagai kegiatan, baik pertandingan olahraga, seni, bakti sosial, ziarah dan tabur bunga serta akan membuka gerai layanan publik di pusat kegiatan masyarakat.

“Kita mau lebih berdampak baik untuk masyarakat, mendekatkan diri, memenuhi segala kebutuhan mereka khususnya persoalan hukum dan ham,” tandas Hermansyah Siregar. (*)

  • Bagikan