Merawat Ingatan atas Jasa Pahlawan, Pemprov Sulsel Silaturahmi dengan Veteran dan Keluarga Pahlawan

  • Bagikan
Pj Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrulloh bersilaturahmi dengan keluarga penjuang, veteran dan purna bakti ASN di Aula Tudang Sipulung Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Kamis (15/8/2024).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) memberikan apresiasi kepada para veteran perang dari Sulsel. Kegiatan ini merupakan silaturahmi untuk merawat ingatan tentang jasa para pahlawan dalam perjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia.

PJ Gubernur Sulsel, Prof. Zudan Arif Fakrulloh, menyampaikan bahwa Pemprov Sulsel mengumpulkan keluarga besar dari 13 pahlawan perintis kemerdekaan di Sulsel, termasuk para veteran yang masih hidup.

"Ini sebagai pengingat bagi kita semua bahwa para pahlawan telah berjuang mengorbankan nyawa, harta, dan jiwa mereka," ujar Prof. Zudan, Kamis (15/8/2024).

Ia menambahkan, masyarakat harus mengambil pelajaran dan teladan dari kecintaan para pejuang Indonesia. Menurutnya, hal ini dapat direalisasikan melalui upaya menjaga toleransi dalam kehidupan sosial, terutama di kalangan generasi muda yang akan menjadi penerus bangsa.

"Harapan kami, seluruh generasi muda Sulsel bisa meneladani nilai-nilai perjuangan, semangat menjaga negara, semangat menghormati perbedaan, dan semangat toleransi, agar Indonesia tetap tegak berdiri," ungkapnya.

Meskipun langkah ini tidak sebanding dengan perjuangan para pendahulu, Prof. Zudan menekankan bahwa ini adalah langkah efektif dan nyata untuk menggambarkan nasionalisme yang luhur.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Sulsel, Abdul Malik Faizal, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan silaturahmi rutin yang dilakukan oleh Pemprov Sulsel.

Ia menambahkan bahwa selain keluarga pejuang dan veteran, beberapa pensiunan ASN Pemprov Sulsel juga turut hadir dalam kegiatan tersebut.

"Meskipun wujud apresiasi ini mungkin tidak memiliki nilai yang besar, tetapi yang penting adalah bagaimana jasa para pahlawan terus diingat," ujar Abdul Malik.

Kegiatan ini juga sejalan dengan momentum peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia pada bulan Agustus, yang menjadi jadwal rutin untuk silaturahmi tersebut.

"Ini adalah momentum bagi kita semua untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan. Siapa lagi yang akan memperhatikan mereka jika bukan kita yang mengundang keluarga pejuang, veteran, dan ASN Pemprov Sulsel yang telah pensiun," tuturnya. (Abu/B)

  • Bagikan