Lewat Program TERRA, Telkomsel Beri Pelatihan Penanggulangan Bencana

  • Bagikan
Telkomsel Beri Pelatihan Penanggulangan Bencana. (Hikmah/A)

MAROS, RAKYATSULSEL - Telkomsel secara aktif terlibat dalam program khusus penanggulangan peristiwa bencana alam yang terjadi di Indonesia melalui
Telkomsel Emergency Response and Recovery Activity (TERRA).

Kegiatan ini melibatkan masyarakat khususnya pemuda dan mahasiswa untuk peduli atas penanganan bencana alam. Untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana, digelar Gladi Panji Relawan TERRA yang bertempat di Kampung Berua Dusun Rammang-Rammang di Maros.

Manager CSR Environment & Ecosystem Telkomsel - Gumilar HN Ali mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari pilar CSR Telkomsel yakni filantropi yang mengedepankan prinsip Environmental, Social and Governance (ESG).

"Partisipasi aktif dari peserta diharapkan mampu menjadikan mereka sebagai agen perubahan dalam membantu masyarakat dalam situasi darurat.”ujarnya

Hadir dalam pembukaan Gladian Panji Relawan TERRA, Kepala Kantor Basarnas Sulawesi Selatan, Muhammad Arif Anwar, perwakilan Kepala BPBD Kab. Maros, perwakilan karyawan Telkomsel, serta 60 orang peserta pecinta alam yang merupakan mahasiswa dari 17 kampus, anggota dari 32 komunitas dan Disaster Management IKATEK UNHAS.

Kepala Kantor Basarnas Sulawesi Selatan - Muhammad Arif Anwar, mengapresiasi hadirnya Telkomsel TERRA sebagai bagian dari lembaga yang bergerak di bidang kebencanaan dan para Panji Relawan TERRA menjadi tambahan spirit baru untuk lebih meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana yang bisa terjadi kapan saja.

"Semakin banyak orang yang terlibat dan paham akan kesiagaan bencana, maka jika terjadi kondisi darurat akan semakin mudah dilalui” ucapnya.

Dalam Gladian Panji Relawan TERRA, peserta diberi pelatihan kesiapsiagaan, kampanye edukasi kebencanaan melalui sosial media, pengembangan aplikasi kebencanaan, aksi lingkungan Telkomsel Jaga Bumi dan program relawan berkelanjutan.

Narasumber yang dihadirkan yakni Subbid Rehabilitasi BPBD Kab. Maros Hasriyadi S.Sos, Dokter Bencana dr. Ratih Citra Sari, MH. Kes, Founder Komunitas Anak Sungai yang juga peraih Kalpataru 2022, Kick Andy Heroes 2022 serta Satya Lencana Kepariwisataan 2024 dari Presiden RI Iwan Dento, Professional Coach - Jowvy Kumala, LCPC serta narasumber dari Founder and CEO Plustik Reza Hasfinanda dan tim TERRA.

Angga Setiawan salah satu peserta dari mahasiswa pecinta alam, mengungkapkan materi dalam kegiatan ini sangat menarik dan banyak hal baru didalamnya yang baru kami ketahui.

"Saya sangat bersyukur menjadi bagian dalam pelatihan ini, semoga kegiatan TERRA terus berlanjut.” ujarnya

Secara nasional, offline pelaksanaan kegiatan ini dilakukan di 2 (dua) titik dan Maros menjadi penutup program TERRA 2024, setelah Juni lalu digelar di Malang. Penyelenggaraan online juga dilakukan untuk aktifitas webinar untuk pendampingan peserta dengan lebih intens.

“Melalui program ini, diharapkan bisa menjadi langkah positif untuk memperkuat potensi relawan dalam penanganan berbagai bencana yang terjadi di Indonesia khususnya di Sulawesi Selatan, serta menjadi media kolaborasi dengan berbagai pihak terkait agar #MajuSerentakBerikanDampak dalam percepatan penanganan kebencanaan”, pungkas Gumilar. (Hikmah/B)

  • Bagikan