Rusdi Masse Kampanyekan Sudirman-Fatmawati di TikTok

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemanfaatan media sosial memungkinkan kandidat calon kepala daerah untuk menjangkau pemilih dengan cara yang lebih personal dan interaktif dibandingkan metode kampanye konvensional.

Komunikasi politik melalui media sosial telah menjadi alat yang sangat efektif dalam mendongkrak elektabilitas

Pemanfaatan media sosial juga menjadi alternatif yang modern untuk mendulang dukungan elektoral dari jaringan digital. Hal itu yang dilakukan Ketua DPW Partai NasDem Sulawesi Selatan, Rusdi Masse.

Politisi yang dikenal dengan akronim RMS ini kerap memanfaatkan sarana live TikTok sebagai ajang kampanye jelang Pemilihan Gubernur Sulsel.

Melalui teknologi siaran langsung, dia mengajak warganet khususnya pengguna TikTok untuk mengarahkan dukungan dan pilihan kepada calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman - Fatmawati Rusdi.

Wakil Ketua Bidang Media dan Komunikasi Publik DPW NasDem Sulsel Mustaqim Musma mengatakan, live TikTok RMS selalu mendapat sambutan hangat. Selain jadi penonton, warganet juga berkesempatan join live secara bergantian.

"Pak RMS mengkampanyekan Andalan - Hati di TikTok, dan itu mendapat respon dari pengguna TikTok lainnya, mereka ramai-ramai menyatakan mendukung Andalan - Hati," kata Mustaqim.

Ada yang unik pada beberapa kesempatan RMS live TikTok. Di antara pengikut live streaming itu, banyak yang kompak mengubah nama TikTok mereka dengan inisial RMS dan digabung dengan nama pengguna masing-masing.

Tak hanya itu, para pengikut live juga kompak mengganti foto profil TikTok dengan foto pasangan Andi Sudirman dan Fatmawati Rusdi. Hal itu sebagai bentuk dukungan kepada pasangan usungan NasDem di Pilgub Sulsel 2024.

“Para pengguna TikTok lainnya juga kompak mengganti foto dengan foto Andalan - Hati,” ucap Mustaqim.

Indonesia diketahui punya pengguna TikTok terbanyak kedua di dunia. Sebagai sarana komunikasi dan memberikan pesan, medsos itu banyak digunakan oleh kaum milenial dan gen z.

RMS sendiri bukan baru-baru ini aktif memanfaatkan medsos. Jauh sebelumnya, dia sudah biasa menjalankan aksi politik kemanusiaan dengan memanfaatkan penyebaran informasi digital seperti di TikTok.

Biasanya, dengan akun anonim, RMS akan menelusuri informasi jika sekiranya ada masyarakat yang butuh bantuan. Dengan begitu dia bisa merespons langsung jika sewaktu-waktu bertindak terkait persoalan sosial-kemanusiaan.

"Pak RMS memang kita tahu sangat respon cepat, apalagi soal kemanusian. Pernah ada petani kesusahan di Soppeng yang sedang live streaming di TikTok, tidak menyangka Pak RMS menonton dan berselang beberapa jam, pak RMS langsung memberikan bantuan Traktor, sebagai bentuk apresiasi atas semangat dengan pekerjaan yang dilakukan,” ungkapnya.

“Jadi ini bagian dari politik kemanusiaan yang selalu digaungkan dan dijalankan oleh semua kader dan simpatisan partai,” tambah Taqim.

Saking totalnya, cara ini malah membuat pengguna TikTok mengubah nama mereka dengan menambahkan kata RMS di depannya, contohnya RMS 001, RMS 005, dan RMS seterusnya.

"Total sampai malam ini pengguna TikTok yang menyatakan sikap sudah mendekat 1.000 akun," tambahnya.

Sekadar diketahui, Indonesia Punya Pengguna TikTok Terbanyak ke-2 di Dunia. TikTok sebagai sarana komunikasi dan memberikan pesan, yang banyak digunakan oleh kaum milenial. (*)

  • Bagikan