Ketua Dewan Pers Tutup Pelaksanaan UKW di Sulbar

  • Bagikan
Peserta UKW 2024 di Sulbar saat berfoto bersama dengan Ketua Dewan Pers Indonesia Dr Ninik Rahayu. (Sudirman/A)

MAMUJU, RAKYATSULSEL - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Ninik Rahayu menutup pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan atau UKW di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) 2024. Sebanyak 36 peserta mengikuti agenda PWI Sulbar ini.

Diketahui, UKW ini dilaksanakan di salah satu hotel Kabupaten Mamuju, Sulbar, 6-7 September 2024. Peserta berasal dari berbagai media mulai cetak hingga online. Adapun jenjang UKW yang diikuti yakni Wartawan Muda, Madya, hingga Utama.

Ketua Dewan Pers Indonesia Ninik Rahayu mengatakan, wartawan atau jurnalis memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga objektivitas berita di tengah maraknya kepentingan berbagai pihak yang berpotensi mempengaruhi pemberitaan.

“Independensi adalah prinsip yang harus terus dijaga. Wartawan atau Jurnalis tidak boleh terjebak dalam kepentingan apapun yang dapat mencederai integritas profesinya," tegas Ninik.

Ninik menegaskan tantangan dalam dunia jurnalisme saat ini semakin kompleks. Terutama dengan derasnya arus informasi yang dimana sering kali diwarnai dengan disinformasi dan hoaks.

Sehingga demikian, sambung dia, independensi dan integritas seorang Wartawan yang harus menjadi benteng yang harus terus dipertahankan agar pers tetap menjadi pilar demokrasi yang sehat.

Ninik, mengatakan, Ujian Kompetensi Wartawan bukan hanya formalitas saja. Namun ini merupakan proses untuk memastikan bahwa wartawan itu mampu menjaga profesionalme.

“UKW ini bukan hanya formalitas untuk meraih sertifikat. Ini adalah proses untuk memastikan bahwa wartawan mampu menjaga profesionalisme," terangnya.

Ninik menambahkan, Ujian kompetensi Wartwan ini sangat dirasakan manfaatnya. Sebab, bisa saling berbagi pengalaman dan pengetahuan. Di mana sebelumnya semula tidak mengerti menjadi mengerti yang tidak tahu menjadi tahu.

"Yang lebih mencengangkan buat saya adalah keluar dari sini memiliki komitmen ingin tetap mengerjakan kerja-kerja persnya secara profesional," tukasnya.

Diketahui, selama pelaksanaan UKW di Sulbar, baru pertama kali dibuka dan dihadiri langsung oleh Ketua Dewan Pers Indonesia Ninik Rahayu.

Terpisah, Peserta UKW, Abdul Kadir Tanniewa, saat menyampaikan kesan-kesan selama proses Ujian Kompetensi Wartawan. Dirinya mengucapan terimakasih kepada semua penguji yang telah memberikan berbagi hal ilmu, meski pun saat ujian memiliki rasa yang tegang.

Namun itu hanya sebuah proses untuk dilalui dalam UKW guna melahirkan wartawan yang kompeten.

"Saya ucapan terima kasih kepada para pengunji, yang telah memberikan nilai yang pantas selam pelaksanaan ujian ini," ujarnya. (Sudirman/A)

  • Bagikan