Bapenda Sulsel Gandeng Pertamina Rancang Program QR Code untuk Kejar Pajak Kendaraan

  • Bagikan
Kepala Bapenda Sulsel, Reza Faisal Saleh.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulawesi Selatan (Sulsel) berencana berkolaborasi dengan Pertamina dalam rangka meningkatkan pendapatan daerah, khususnya dari sektor pajak kendaraan bermotor. Kolaborasi ini akan difokuskan pada pemanfaatan QR code bagi pengguna kendaraan bermotor yang belum melunasi pajaknya.

Kepala Bapenda Sulsel, Reza Faisal Saleh, menyatakan bahwa kolaborasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait kewajiban membayar pajak kendaraan.

"Kami sedang menjalin koordinasi dengan Pertamina untuk menerapkan penggunaan QR code bagi kendaraan bersubsidi, di mana pengguna yang belum melunasi pajak kendaraan akan dibatasi aksesnya untuk mendapatkan QR code," jelas Reza saat diwawancara oleh Rakyat Sulsel, Jumat (4/10/2024).

Menurutnya, langkah ini dinilai efektif dalam mendorong masyarakat agar lebih taat membayar pajak. Selain itu, Bapenda juga telah menyiapkan beberapa program yang bertujuan membantu wajib pajak meringankan beban pembayaran pajak mereka.

"Kami menyediakan berbagai program diskon pajak, yang telah dilakukan sejak Agustus, dan akan berlanjut hingga Oktober ini," tambahnya.

Program diskon pajak kendaraan tersebut diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam membayar pajak tepat waktu. Selain itu, penerapan QR code juga akan membantu memastikan subsidi bahan bakar tepat sasaran melalui pendataan kendaraan yang lebih akurat.

"Melalui program ini, tidak hanya pendapatan daerah yang meningkat, tetapi subsidi bahan bakar pun akan lebih tepat sasaran," pungkas Reza. (Abu/B)

  • Bagikan