SMAN 1 Makassar Outing Class P5 di Empat Perguruan Tinggi, Usung Tema Rekayasa dan Teknologi

  • Bagikan
OUTING CLASS. Peserta didik SMAN 1 Makassar Kelas XII melakukan kegiatan outing class P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) yang mengusung tema 'Rekayasa dan Teknologi' dengan mengunjungi empat kampus di Makassar selama dua hari, 7-8 Oktober 2024. foto: istimewa

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Peserta didik SMAN 1 Makassar Kelas XII mengikuti outing class P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) yang mengusung tema 'Rekayasa dan Teknologi' dengan mengunjungi empat kampus perguruan tinggi di Kota Makassar selama dua hari, 7-8 Oktober 2024.

Pemilihan dimensi dan tema projek 'Rekayasa dan Teknologi', dengan  subtema 'Teknologi Tepat Guna untuk Sekolahku'  merupakan tema yang berhubungan dengan pengetahuan terapan yang bertujuan menyediakan keperluan manusia untuk kenyamanan hidupnya melalui perancangan, pembuatan konstruksi, serta pengoperasian kerangka, peralatan, dan sistem yang ekonomis serta efisien.

Kegiatan ini melibatkan seluruh peserta didik kelas XII yang didampingi Kepala Sekolah, Wakasek Kesiswaan, Wakasek Humas, Wakasek Kurikulum, Wali Kelas, Fasilitator, dan Koordinitor P5 yang saling berkolaborasi dalam pelaksanaan outing class.

Peserta didik dengan 12 rombel terbagi dalam dua hari kegiatan yang dipilih secara acak. Hari pertama peserta didik Kelas XII 1, XII 6, dan XII 7 mengunjugi Universitas Ciputra Makassar.

Peserta didik melakukan campus tour, kemudian mendapatkan materi penggunaan Teknologi AI dalam kehidupan sehari-hari, diperkenalkan aplikasi yang memudahkan dan bisa menghasilkan peluang untuk usaha.

Sedangkan, peserta didik Kelas XII 4, XII 9 dan XII 11 mengunjungi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar (UNM).

Peserta didik menerima materi teknologi tepat guna dan teknologi tinggi, bahan-bahan yang tidak layak pakai dapat diubah menjadi bahan untuk teknologi, pengolahan sampah rumah tangga dan sampah elektronik menjadi bahan atau alat teknologi tinggi, dan juga pemaparan tentang  kecerdasan buatan.

Di hari kedua giliran peserta didik Kelas XII 5, XII 8, dan XII 12 megunjungi Kampus Kalla Institute. Peserta didik mendapatkan materi tentang design thinking, kemudian diarahkan untuk mendesain denah kelas impian. Di Lokasi berbeda Kelas XII 2, XII 3, dan XII 10 mengunjungi Universitas Bosowa Makassar.

Peserta didik menerima materi energi baru yang terbarukan, melakukan uji coba  alat  panel surya yang dapat mengisi daya di gawai, dan menerima materi pembuatan paving blok dari limbah menggunakan mesin

Di akhir seluruh rangkaian kegiatan, peserta didik dibekali lembar kerja untuk merefleksikan materi-materi yang diperoleh selama outing class kemudian kembali ke sekolah untuk menjalankan aktivitas selanjutnya yang masih merupakan rangkaian kegiatan P5.

Tujuan dari aktivitas P5 ini, agar dapat menginspirasi siswa dalam menerapkan metode yang hemat sumber daya, mudah dirawat, dan disesuaikan dengan aspek-aspek lingkungan sekitar sekolah.

Dengan mengamati kondisi lingkungan sekitar sekolah, siswa dapat menghasilkan suatu karya sebagai solusi dari permasalahan yang ditemukan.

Kegiatan ini didukung penuh Kepala UPT SMAN 1 Makassar, Drs H Sulihin Mustafa MPd, yang mengharapkan, siswa dapat mengembangkan nalar kritis dalam mengembangkan ide teknologi tepat guna, kreativitas dalam menghasilkan suatu karya yang bermanfaat untuk lingkungan maupun warga sekolah, kerja sama/gotong royong dalam membuat karya sesuai dengan dimensi profil pelajar Pancasila. (*)

  • Bagikan