Harus Bangkit, Mayor Laut Lusy Berhasil Dobrak Mitos Tentang Perempuan

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL – Memilih jadi wanita karir bagi sebagian perempuan adalah sesuatu hal yang berat, ditambah lagi stigma sosial yang mendekatkan perempuan dengan pekerjaan-pekerjaan rumah tangga kadang jadi penghalang dalam memulai sesuatu. Namun di mata Lusy itu hanya sebuah mitos.

Anggota Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) Lembaga Kedokteran Gigi TNI AL Yos Sudarso (Ladokgi Yos Sudarso) wilayah Makassar ini justru menoreh sejumlah prestasi. Selain menjadi anggota militer, dirinya juga berkarir sebagai dokter.

Bahkan Mayor Laut, drg Lusy Damayanti SpKGA pada Juni 2021 lalu berhasil meraih gelar Doktornya di Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar dengan IPK 3,99. Bahkan dirinya termasuk anggota TNI status dokter yang pertama meraih gelar Doktor se-Indonesia.

Menurutnya, semua hal bisa dilakukan oleh perempuan. Bukan hanya mengurus rumah tangga tapi juga bisa melaksanakan diluar daripada itu.

“Dalam diri saya selalu tanamkan yang namanya prinsip hidup. Jadi setiap tugas yang kita kerjakan, apapun itu harus yang terbaik, totalitas, agar hasilnya juga baik,” kata dokter Lusy–sapaannya, Selasa (4/1).

Dokter Lusy menceritakan, sebelum masuk militer, dirinya sempat berkeinginan untuk jadi dokter gigi. Untuk itulah dirinya kemudian masuk kuliah di Unhas Makassar dengan mengambil jurusan Kedokteran Gigi. Namun sekitar tahun 1996 kesempatan untuk masuk bergabung dengan TNI terbuka. Kala itu, kesempatan untuk bergabung dengan TNI diikuti dengan jalur pretasi atau jalur beasiswa.

“Waktu itu di kampus ada terbuka penerimaan beasiswa ABRI tahun 1996, saya masih koas waktu itu, saya kemudian ikut dan Alhamdulillah lulus lewat jalur beasiswa itu,” sebutnya.

Disela-sela kesibukannya sebagai anggota TNI, drinya juga merupakan seorang ibu rumah tangga (IRT). Tanggung jawab di rumah dengan merawat dan mendidik dua orang anaknya disebut jadi prioritas.

“Jadi meski berkarier, saya juga sebagai ibu rumah tangga. Saya punya anak dua, yang satu sudah kuliah di Unhas Makassar, yang satu masih SMP,” sebutnya.

  • Bagikan