Jemaah RI Positif Covid saat Berbaur Ketika Umrah Kata KJRI Jeddah

  • Bagikan

ARAB SAUDI, RAKYATSULSEL – Konsul Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah, Eko Hartono mengatakan, seluruh jemaah WNI yang terpapar Covid-19 saat umrah di Arab Saudi dengan hasil tes negatif virus corona.

Eko menuturkan para jemaah WNI yang terpapar Covid-19 kemungkinan tertular virus tersebut saat berbaur dengan jemaah umrah dari negara lain ketika melaksanakan proses ibadah tersebut.

Selain jemaah Indonesia, Arab Saudi memang telah menerima kembali dari berbagai negara di dunia setelah sempat menutup pintu internasional akibat pandemi Covid-19.

“Yang hampir pasti memang bahwa mereka (jemaah WNI) berangkat negatif (Covid-19), lalu melaksanakan ibadah dan berbaur (dengan jemaah lainnya), dan ternyata positif (Covid-19),” ujar Eko kepada CNNIndonesia.com melalui pernyataan saat dikonfirmasi, Senin (17/1).

“Memang tidak mudah karena waktu mereka (jemaah WNI) sudah kumpul ibadah dengan bangsa lain, ini susahnya. kalau sudah bergabung dengan orang susah untuk mengontrolnya. Apalagi kebanyakan (yang positif Covid-19) tanpa gejala,” kata Eko menambahkan.

Eko menuturkan saat ini infeksi Covid-19 di Arab Saudi juga sedang tinggi. Namun, karena angka vaksinasi Covid-19 cukup tinggi, sebagian besar kasus virus corona baru di Saudi memiliki gejala ringan atau tanpa gejala. (cnn/*)

 

  • Bagikan