Proyek Japparate, Dinas PU Makassar Alokasikan Rp20 Miliar

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL – Sejumlah proyek insfrastruktur bakal dibangun Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar, salah satunya Japparate. Program ini akan dikerjakan mulai dari Benteng Rotterdam hingga Mal Pinisi Point (Pipo).

Kepala Dinas PU Makassar, Zuhaelsi Zubir mengatakan, konsep proyek Japparate layaknya jembatan Cihampelas yang ada di Bandung. Desainnya akan dibuat lebih indah dan canggih yang dibangun di kawasan Losari itu.

“Konsepnya kayak Cihampelas, tapi lebih bagus lagi. Bangunannya beton kayak tol layang di Pettarani,” ucap Zuhaelsi Zubir, Selasa (18/1).

Jembatan layang ini akan menjadi fasilitas publik, salah satu jalur pedestrian persembahan Pemkot Makassar. Selain untuk pejalan kaki, warga juga bisa berolahraga di tempat tersebut, seperti jogging dan bersepeda.

“Sisi ekonominya itu, akan ada pedagang-pedagang yang berjualan di area tersebut. Ada destinasi kuliner juga, agar tempat tersebut menjadi pusat ekonomi baru,” paparnya.

Untuk tahap awal, kata Elsi–sapaan akrabnya, pihaknya mengalokasikan sekira Rp20 miliar pada APBD Pokok. Harapannya, menjadi serbuan para wisatawan lokal dan mancanegara. Sebab, pengunjung bisa langsung menikmati indahnya panorama pesisir Makassar dan juga melihat senja sore hari.

“Saat ini tahapan pembangunan japparate masih tahap penyempurnaan perencanaan atau Detail Engineering Design (DED). Target, Januari ini perencanannya sudah bisa masuk dalam Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP), lalu ditarget tender pada Februari mendatang,” pungkasnya. (*)

 

 

 

  • Bagikan