Minimalisir Genangan, Satgas Drainase PU Makassar Lakukan Pengerukan

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL – Satuan Tugas (Satgas) Drainase Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar rutin melakukan pengerukan drainase di sejumlah wilayah di Kota Makassar. Ini dilakukan sebagai upaya guna meminimalisir genangan saat musim hujan.

Kabid Humas Dinas PU Makassar, Hamka Darwis, mengatakan bahwa Satgas Drainase disebar dalam tiap tim dan melakukan pengerukan secara seksama.

“Kurang lebih, 480 tenaga Satgas Drainase Dinas PU tersebar di beberapa wilayah Yang ada di kota Makassar,” katanya.

Ia menambahkan satgas ini bertujuan untuk memastikan air dapat mengalir dengan baik dan terkoneksi dari satu saluran ke saluran lainnnya.

“Sehingga dapat meminimalisir genangan yang terjadi ketika hujan,” Tambahnya.

Sebelumnya diberitakan, PU Makassar akan berfokus pada pembenahan drainase untuk tahun 2022. Seiring dengan banyaknya pengerjaan yang tertunda di tahun lalu.

Kepala Bidang PSDA Dinas PU Kota Makassar, Syafar Majid menyebut anggaran telah disiapkan. Jumlahnya sekitar Rp 60 Miliar dengan mencakup pembangunan dan pemeliharaan drainase.

Pihaknya bahkan telah menghimpun seluruh permintaan, dari hasil musyawarah rencana pembangunan (Musrembang) di tiap wilayah. Hanya saja, titik pembangunan baru serta rehabilitasi belum dirinci pihaknya.

Pada tahun 2021, tercatat sebanyak 12 titik pembangunan baru. Berikut dengan anggaran Rp8 Miliar dan 25 titik rehabilitasi drainase dengan anggaran Rp33 Miliar. (**)

  • Bagikan