Buka PSBM XXII, Jusuf Kalla Ingatkan Semangat dan Kedisiplinan

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.CO – Pelaksanaan Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) XXII resmi dibuka yang berlangsung di Hotel Claro Makassar, Sabtu (14/5/2022).

Dalam pertemuan tersebut dihadiri oleh para inisiator PSBM yakni Ketua Dewan Kehormatan BPP Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) H Jusuf Kalla, Ketua Dewan Penasehat KKSS Aksa Mahmud.

Turut hadir juga  Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Sekertaris Daerah Sulsel Abdul Hayat, Kapolda Sulsel Irjen Pol Nana Sudjana, Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, Bupati Gowa Adnan Puricta Ichsan, Bupati Wajo Amran Mahmud.

Tak hanya itu, ada  tokoh-tokoh penting seperti Menteri Pertanian RI Periode 2014-3019 Amran Sulaiman, dan Ketua Kadin Sulsel Andi Iwan Darmawan Aras.

Hadir pula para civitas akademi perguruan tinggi salah yakni Rektor Universitas Hasanuddin Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu dan Prof Jamaluddin Jompa.

PSBM XXII dibuka secara langsung oleh salah satu inisiator PSBM yakni Jusuf Kalla. Kegiatan yang mulai dilaksanakan sejak 1994 ini merupakan agenda tahunan Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS). Namun, baru tahun ini pelaksanaan PSBM digelar secara Offline karena selama dua tahun belakangan dunia dilanda pandemi sehingga  PSBM ini hanya dapat diikuti melalui virtual.

Hadir dalam kegiatan ini sebanyak 1000 peserta dari KKSS yang datang dari luar Sulawesi Selatan bahkan ada yang dari Luar negeri.

Ketua Umum BPP Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Muchlis Patahna dalam sambutannya mengatakan kegiatan Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) sebagai wadah pertemuan para saudagar-saudagar Bugis Makassar. Dimana program ini bertujuan untuk merekatkan  silahturahim dan meningkatkan kolaborasi antara saudagar dalam aktivitas kegiatan usaha mereka.

“Pertemuan ini sangat penting untuk bertukar informasi terkini dalam hubungan perkembangan usaha, bisnis warga KKSS sebagai kegiatan daerah masing-masing,” ujarnya.

Muchlis mengatakan berdasarkan penyampaian dari Jusuf Kalla kegiatan PSBM ini digelar setiap tahun dalam rangka halal bi halal yang dimana biasanya dilaksanakan seminggu setelah perayaan Idul Fitri.

Muchlis menyebut KKSS merupakan organisasi yang strukturalnya melebihi dari sebuah partai. Namun, dirinya mengingatkan kepada seluruh warga KKSS ini untuk tetap fokus pada 5 hal yang menjadi tujuan dibentuknya KKSS.

Diakhir sambutannya, Muchlis memberikan apresiasi kepada salah satu inisiator PSBM yakni H Jusuf Kalla, dimana telah menciptakannya PSBM ini dan tetap mendorong para warga KKSS untuk semangat.

“terakhir kita berikan apresiasi yang tinggi kepada inisiator PSBM Jusuf Kalla, ini luar biasa sejarahnya, mereka mewariskan kita , dan tetap mendorong bagaimana kita semangat membangun saudagar bugis makassar,” pungkasnya.

Sementara itu, Dewan Kehormatan BPP KKSS H Jusuf Kalla mengingatkan kepada seluruh peserta PSBM XXII yang hadir bahwa modal utama untuk menjadi maju yakni  dengan mempunyai semangat dan kedisiplinan.

“Sekaligus mengingatkan semangat kita sebagai orang Bugis, Makassar, Toraja dan Mandar, bahwa salah satu syarat kemajuan adalah semangat. Semangat agar kita selalu dapat meningkatkan  prestasi kita dengan semangat yang ada. Disamping semangat tentu harus disiplin, banyak negara yang maju karena kaya sumber dayanya. Tapi ada juga negara yang tidak punya sumber daya alam tapi maju. Seperti Jepang dan Singapura,” terangnya.

Jusuf Kalla juga menambahkan perlunya pendidikan sebagai penunjang agar bisa maju. “Jadi yang maju adalah apabila mempunyai semangat  dan ada kedamaian dan juga tentu ditunjang oleh ilmu pengetahuan dan penguasaan teknologi,” tambahnya. (*)

  • Bagikan