Jaga Pemilu Damai

  • Bagikan
KPU dan Stakeholder Serta Masyarakat Bisa Ciptakan Pemilu Damai

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemilu damai dan berkualitas menjadi komitmen bersama yang perlu diwujudkan selama tahapan pelaksanaan Pemilu 2024.

Semua elemen harus bersatu menjaga situasi kondusif di daerah masing-masing sehingga pemilu bisa berlangsung sukses, aman dan demokratis.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel, Faisal Amir mengatakan, semua pihak tetap saling bahu membahu untuk menjaga proses demokrasi damai.

"Kita mau Pemilu 2024 aman dan damai," kata Faisal, Kamis (14/7).

Faisal mengatakan, salah satu amanah demokrasi yang harus dilaksanakan sebaik mungkin agar pada proses pelaksanaan Pemilu berjalan secara lancar tanpa adanya hambatan.

"Untuk itu, kita harus kawal pesta demokrasi 2024 bersama pemerintah daerah, TNI, Polri dan masyarakat. Semoga penyelenggaraan pemilu berjalan aman, damai dan kondusif," harapnya.

"Kita sudah bertemu KPU kabupaten/kota di Sulsel dalam rangka mempersiapkan segala sesuatunya untuk menghadapi tahapan Pemilu 2024," sambungnya.

Menurut Faisal, regulasi pelaksanaan Pemilu 2024 tetap mengacu kepada Undang-undang nomor 7 tahun 2017.

"Saya berharap kepada seluruh KPU daerah agar memaksimalkan kesempatan untuk menyusun program rencana anggaran dan kegiatan lainnya," jelasnya.

Terpisah, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel, Laode Arumahi juga mengimbau kepada semua pihak untuk menjaga Pemilu 2024 berjalan damai. Pihaknya juga mulai memetakan potensi konflik yang akan terjadi.

  • Bagikan