Pamerkan Ikon Cinta, Perahu Hias BKPSDMD Parepare Juara 2 di Festival Salo Karajae

  • Bagikan

PAREPARE, RAKSUL - Festival Salo Karajae di Kota Parepare begitu spektakuler tahun ini. Ajang yang masuk Kharisma Event Nusantara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI atau event resmi nasional ini, hadir dengan kemasan berbeda setelah sempat vakum imbas pandemi Covid-19.

Selain beragam atraksi hiburan dan pentas seni maupun pertunjukan artis ibukota serta band lokal, festival bahari dan budaya terbesar di Provinsi Sulawesi Selatan ini, kembali diramaikan oleh lomba perahu hias antar SKPD lingkup Pemkot Parepare dan BUMN.

SKPD maupun BUMN berlomba menampilkan perahu hias yang unik dan kreatif melintas di atas Sungai (Salo) Karajae, Kawasan Wisata Tonrangeng Riverside, Kelurahan Lumpue, Kecamatan Bacukiki Barat, Parepare.

Hasilnya, pada pengumuman saat penutupan festival, Sabtu malam, 1 Oktober 2022, perahu hias milik Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Parepare dinyatakan sebagai juara dua.

Perahu hias BKPSDMD Parepare menampilkan berbagai ikon cinta milik Parepare di atas perahunya. Mulai dari gambar Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun, RS dr Hasri Ainun Habibie, Tonrangeng River Side, Anjungan Cempae, hingga Masjid Terapung BJ Habibie.

Itu masih ditambah dengan keunikan dan kreativitas pernak pernik bercorak nuansa tradisional Bugis di atas perahu. Dan yang menonjol gambar ikonik Festival Salo Karajae.

“Alhamdulillah, perahu hias BKPSDMD Kota Parepare menjadi juara dua. Pastinya kami siap turut mensukseskan Festival Salo Karajae, yang sudah menjadi event nasional untuk mendukung Parepare sebagai Kota Industri Tanpa Cerobong Asap, dan mewujudkan Teori Telapak Kaki Bapak Wali Kota Parepare,” kata Kepala BKPSDMD Parepare, Adriani Idrus.

Adriani pun menerima langsung piala dan uang pembinaan lomba perahu hias pada malam penutupan Festival Salo Karajae, Sabtu malam, 1 Oktober 2022.

Festival Salo Karajae yang berlangsung mulai 27 September 2022 hingga 1 Oktober 2022, diramaikan oleh beragam kegiatan unik, menarik, dan kreatif. Kegiatan itu antara lain, Salo Karajae Water Projection Mapping, pesta kembang api, lomba perahu hias, lomba nyanyi lagu daerah, tari kreasi, dan berbagai kegiatan kreatif lainnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga S Uno pun secara khusus mengapresiasi dan mengucapkan selama dan sukses penyelenggaraan Festival Salo Karajae tahun ini. (*)

  • Bagikan