Berkat Ampas Tebu, 3 Mahasiswa UINAM Ini Kalahkan 123 Negara di International Biotechnology Competition and Exhibition 2022

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Medali Perunggu berhasil diraih Tim dari UIN Alauddin Makassar yang terdiri dari tiga orang, di ajang International Biotechnology Competition and Exhibition (IBCEx), yang digelar beberapa waktu lalu di Universitas Teknologi Malaysia (UTM) 2022, .

3 mahasiswa ini berasal dari jurusan Fisika yakni, Tri Gunawan Musa, Edysul Isdar, Fira Yurdanianti.

Dengan Inovasi yang berbahan dasar Limbah Ampas Tebu menjadi subsrat yang menghasilkan energi listrik menggunakan Teknologi Microbial Fuel Cell (MFC).

Berkat perjuangan dan ketelitian, mereka mampu bersaing dengan peserta lainnya dari 126 negara, termasuk Indonesia, Malaysia, Cina, Singapura, dan berhasil membuktikan kemampuan mereka dengan memperoleh Medali Perunggu.

"Memang tidak mudah melakukan semua itu tanpa adanya kemauan dan pengorbanan. mulai dari mencari waktu luang untuk penelitian, susahnya mencari ampas tebu hingga harus ke Takalar, menunggu pemotongan sapi demi memperoleh rumen yang masih di dalam perut sapi sebagai bakteri selulotik, hingga pembuatan Laporan," ungkap Tri Gunawan Musa, Rabu (25/10).

Namun semua terbayarkan dengan hasil yang cukup memuaskan sebagai peraih medali perunggu diantara 126 negara, dengan inovasi yang memanfaatkan Limbah sebagai bahan utamanya.

Tri Gunawan Musa dan rekanya berharap agar Mahasiswa UIN tetap bisa memberikan inovasi terbaru dengan memanfaatkan Limbah sebagai upaya menjaga lingkungan agar tetap terjaga, serta terus mengharumkan nama Kampus Hijau UIN Alauddin tercinta. (*)

Citizen Reporter: Nilayanti

  • Bagikan