Career Center Unhas Hadirkan Wartawan Harian FAJAR Berbagi Tips Berkarir di Dunia Jurnalistik

  • Bagikan
Career Talk yang digelar Career Center, Direktorat Kemahasiswaan Universitas Hasanuddin.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Universitas Hasanuddin (Unhas) melalui Career Center, Direktorat Kemahasiswaan kembali menggelar Career Talk. Kali ini menghadirkan pembicara dari praktisi bidang jurnalistik, Ilham., SS, MHum, Redaktur di Harian Fajar.

Berlangsung di Gedung Ipteks Unhas, kegiatan ini dihadiri peserta dari berbagai jurusan dan fakultas di Unhas. Hadir membuka kegiatan, Kasubdit Penyiapan Karir (Kepala Career Center) Unhas, Burhan Kadir., SS, MA.

Dalam sambutannya, Burhan Kadir menegaskan bahwa Career Center Unhas hadir dengan berbagai program yang bertujuan memberikan peluang karir kepada alumni Unhas dalam berbagai bidang.

“Career Center menghadirkan pembicara profesional dengan berbagai tema dan jenis pekerjaan yang bisa menjadi pilihan karir mahasiswa ke depan. Kali ini kita hadirkan dalam bidang jurnalistik,” ujarnya, Kamis (2/5/2024).

Mengambil tema “Sukses Membangun Karir Jurnalistik di Era Digital,” Ilham selaku pembicara berbagi pengalaman pribadinya memulai karir di media sebagai wartawan.

Ilham menjelaskan lebih lanjut bahwa kemampuan dasar yang harus dimiliki dalam dunia jurnalistik adalah mengolah atau menyajikan berita.

Namun, dalam dunia jurnalistik, khususnya di era digital saat ini, tak hanya kemampuan menulis tapi banyak skill lain yang dibutuhkan, seperti fotografi dan videografi.

“Dunia jurnalistik yang awalnya mengandalkan kemampuan menulis, sekarang lebih beragam, multi platform. Itulah yang dimaksud era konvergensi media, era yang menuntut tak hanya satu kemampuan tapi multi platforms,” jelasnya.

Lebih lanjut, peserta diberi kesempatan berdiskusi seputar karir menjadi jurnalis. Peserta pun antusias, salah satunya bertanya tentang tips saat apply pekerjaan di bidang jurnalistik. (Yadi/A)

  • Bagikan