Bantu Warga Peroleh Hunian Layak, Bupati Basli Ali Launching Program ‘Selayar Pesat’

  • Bagikan

KEPULAUAN SELAYAR, RAKYATSULSEL - Bupati Kepulauan Selayar didampingi sejumlah pimpinan perangkat daerah melakukan Launching Pembangunan Bantuan Rumah Layak Huni melalui Program Selayar Pesat.

Pada kegiatan launching ditandai penggutingan pita, selanjutnya dilakukan juga prosesi "attama sapo" (masuk rumah), sebagai wujud ungkapan syukur.

Kegiatan ini dilaksanakan di Dusun Suburu, Desa Bontotangnga, Kec. Bontoharu tepatnya di rumah warga Muh. Tahir, pada Jumat (28/10).

Bupati Basli Ali menyampaikan apresiasi atas langkah-langkah partisipatif dan kolaborasi atas pelaksanaan pembangunan bantuan rumah layak huni.

"Ini sangat membantu masyarakat yang berpenghasilan rendah, langkah-langkah partisipatif dari berbagai pihak yang mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan khususnya hunian yang layak sangat diharapkan" ucap Bupati saat mengunjungi keberadaan rumah layak huni itu.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Dr Finriyani Arifin mengatakan, bantuan pembangunan rumah ini merupakan hasil kolaborasi dari swadaya masyarakat, pemerintah dan pihak perbankan.

"Rumah Muh. Tahir awalnya adalah rumah semi permanen (rumah panggung kayu) kemudian dibangun menjadi rumah permanen," sebutnya.

Pembangunan dalam hal ini, lanjut Finriyani, yakni peningkatan kualitas rumah tidak layak huni menjadi Rumah layak huni.

Finriyani juga mengungkapkan bahwa, Program Selayar Pesat ini juga merupakan proyek perubahan dirinya dalam rangka keikutsertaan pada Latihan Kepemimpinan Tingkat II Nasional Angk. XIV Tahun 2022,

Lanjut dikatakan, Selayar Pesat merupakan Akronim dari Strategi Pembangunan Rumah Layak Huni melalui Swadaya Masyarakat, Pemerintah Desa dan Pihak Perbankan pada Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kepulauan Selayar.

"Memasuki era digital dimana digitalisasi data merupakan suatu kebutuhan, maka program ini didukung dengan sebuah aplikasi namanya "Aplikasi Selayar Pesat" hadir dengan fitur data Rumah Tidak Layak Huni dengan detail yang menampilkan data penghuni, yaitu NIK, alamat, dan Dokumentasi rumah," ujar Finriyani Arifin.

Ditambahkan Aplikasi Selayar Pesat adalah aplikasi yang memuat data Rumah Tidak Layak Huni di Kabupaten Kepulauan Selayar yang dikelola oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman.

Selain dihadiri Bupati dan sejumlah pimpinan perangkat daerah, kegiatan launching juga dihadiri unsur pemerintah setempat, camat, kades dan masyarakat setempat. (*)

  • Bagikan