Katinting Race Diharap Masuk Agenda Tahunan

  • Bagikan
INDRAABRIYANTO/RAKYATSULSEL LOMBA BALAP KATINTING. Peserta memacu perahunya saat mengikuti lomba balap perahu tradisional 'katinting' di Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (06/11/2022). Lomba perahu tradisional yang diikuti oleh sejumlah nelayan dari Sulsel tersebut dalam rangka memperingati HUT ke-353 Sulsel.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel melalui Dinas Pemuda dan Olahraga menggelar Katinting Race 2022 yang berlangsung di Anjungan Pantai Losari Kota Makassar sejak tanggal 5-6 November 2022.


Kegiatan ini merupakan kejuaraan balap perahu jenis kantinting dan merupakan rangkaian Hari Jadi Sulsel ke-353 tahun.


Katinting Race 2022 diikuti sebanyak 100 peserta dari 24 kabupaten /kota di Sulsel diantaranya Palopo, Makassar, Takalar, Bone, Soppeng, Wajo, Luwu Timut, Luwu Utara, Pare-pare dan Pinrang.
Bahkan tak hanya itu, kejuaraan ini juga diikuti oleh 3 Provinsi lainnya yakni dari Gorontalo, Kalimantan Timur dan Sulawesi Barat.


Kejuaraan Katinting Race 2022 ini juga menyiapkan hadiah untuk para pemenang berupa 3 unit motor.
Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengungkapkan apresiasi dan rasa bahagianya karena kegiatan Katinting Race 2022 disambut dengan antusiasme dari masyarakat.


"Bagusnya karena ini masyarakat kita antusias. Ini kami tidak panggil siapa-siapa, mereka datang sendiri. Tidak ada arahan dari provinsi, mereka datang semua," ujarnya Minggu (6/11/2022).


Lanjut, Andi Sudirman mengatakan dengan dilaksanakannya kegiatan Katinting Race 2022 untuk bagaimana Pemprov Sulsel mendorong untuk menjadikan ini menjadi cabang olahraga. Sehingga melahirkan atlit-atlit baru.


"Itu khas kearifan lokal kita, yang kita mau dorong sebagai sebuah cabang olahraga yang menjadi keunggulan wilayah kita ini. Agar melahirkan potensi-potensi atlit yang kemudian mereka berlaga sembari menjedi profesi. Mereka berprofesi sebagai nelayan tapi mereka juga mengikuti pertandingan yang bisa juga menjadi rutinitas yah," ungkapnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulsel Arwin Aziz mengatakan kegiatan ini merupakan ide murni dari Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman untuk dilaksanakan di Kota Makassar.
Pasalnya, kejuaraan atau perlombaan balap pelahu katinting ini telah sering digelar namun hanya di kabupaten.


"Beliau meminta agar kegiatan ini ditempatkan di Kota Makassar dan Dispora Sulsel ditunjuk menjadi penyelenggara kegiatan ini," ungkapnya.


Menurut dia, melihat antusiasme masyarakat yang hadir menyaksikan Katinting Race 2022. Arwin menyebut Gubernur akan mempertimbangkan untuk menjadikan kegiatan ini menjadi agenda tahunan.
"Hadirnya event ini disambut baik oleh masyarakat, menjadi pertimbangan oleh pak gubenur untuk dapat dijadikan agenda tahunan. Minimal dalam setiap tahun diselenggarakan event seperti ini bisa jadi sekali setahun ataupun lebih," terangnya.


Maka dari itu, Ia berharap disamping membudayakan olahraga tradisional di tengah-tengah masyarakat juga untuk menjaga eksistensi olahraga tradisional.


Selain itu, Katinting Race 2022 ini juga diharapkan membangkitkan ekonomi masyarakat dalam upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.


"Dengan hadirnya event ini kita bisa melihat semua sektor bergerak, terutama sektor perekonomian masyarakat dalam hal UMKM. Semuanya bergerak dalam rangka, meramaikan event ini," pungkasnya. (sasa/B)

  • Bagikan