Sulsel Usul Jenderal M Jusuf dan Andi Makkasau Jadi Pahlawan Nasional

  • Bagikan
Jenderal M Jusuf (kiri) dan Andi Makkasau (kanan)

Dalam pandangannya, pengusulan terhadap pahlawan nasional harus lebih kepada mereka yang berjuang di tengah keterbatasan. "Orang yang bisa berkarya dalam keterbatasan dan berbuat sesuatu tidak dilakukan orang banyak, maka itu yang perlu diwadahi, dijadikan sebagai tolak ukur pahlawan," sarannya.

Semua yang dianggap tokoh, umpamanya dari elemen pemerintahan, pemuda dan lainnya bisa saja diusulkan. Bahkan, mantan Wali Kota Makassar Patompo dapat dikaji untuk diusulkan.

Belakangan ini diketahui usulan untuk menetapkan pahlawan nasional kepada Andi Sapada yang mana ia sebutkan, perannya ialah pada era mempertahankan kemerdekaan.

"Beberapa waktu setelah masa kemerdekaan itu ada pergerakan dari Belanda untuk kembali menjajah. Nah, di situ peran di dalam menjaga kemerdekaan. Banyak pihak di situ, satu periode bersama Andi Mattalatta. Mereka menggalang banyak dukungan dari masyarakat juga kekuatan militer menghalau pergerakan Belanda," urainya.

Pengaruhnya, saat itu vital. Kini pengkajiannya sedang masuk dari sisi akademisnya. Dimulai dari penulisan biografinya. Perjuangan dan seterusnya membutuhkan waktu untuk lolos sebagai pahlawan nasional. Bahkan ada yang sampai lima kali diusulkan baru bisa ditetapkan. (Fajar)

  • Bagikan