Jambore PKK Sulsel, Tim PKK Pinrang Tampilkan Budaya Addatuang Sawitto

  • Bagikan
Gubernur Sulsel Hadiri Jambore PKK di Selayar

PINRANG, RAKYATSULSEL - Tim Penggerak PKK Kabupaten Pinrang menampilkan budaya arak-arakan Addatuang Sawitto pada Jambore PKK Sulsel di Lapangan Pemuda Benteng, Selayar, Rabu (23/11) kemarin.

Peserta dari 24 Kabupaten Kota menandai pembukaan Jambore PKK Sulsel dan Expo UMKM Sulsel 2022 yang dibuka langsung oleh Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman didampingi ketua Tim Penggerak PKK Sulsel Naomi Octarina.

Tim Jambore PKK Sulsel yang menampilkan parade Addatuang Sawitto lengkap dengan 'Lallu' (payung Kebesaran) para raja dan ratu di kerajaan Sawitto Kabupaten Pinrang, yang diperankan oleh para pengurus dan kader PKK dari kabupaten hingga kelurahan/desa se kabupaten Pinrang.

Ketua TP PKK Kabupaten Pinrang Andi Sri Widiyati Irwan mengungkapkan penampilan kabupaten Pinrang mengusung adat dan istiadat warisan kerajaan Sawitto. Itu, bentuk kepedulian atas kelestarian budaya khususnya eksistensi kerajaan Sawitto yang menjadi cikal bakal kabupaten Pinrang.

"Bukan tanpa asalan, kami memilih parade Addatuang Sawitto, karena memuat keinginan kami dalam menjaga kelestarian budaya khususnya kerajaan Sawitto yang menjadi peletak dasar pertama keberadaan bumi Lasinrang," jelasnya. (Amran/Raksul/A)

  • Bagikan