Rebut Empat Kursi, Lima Srikandi Siap Bertarung DPD RI

  • Bagikan
Gedung DPD RI

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Keberadaan perempuan di dunia perpolitikan nampaknya tidak boleh lagi di pandang sebelah mata. Apalagi kaum hawa mulai mendominasi posisi politis yang cukup strategis.

Khusus di Sulawesi Selatan, progres perpolitikan dari kaum hawa terbilang positif. Bahkan beberapa posisi kepala daerah ditempati oleh perempuan. Itu menandakan kaum hawa mendapat perhatian besar dari para pemilih.

Tak hanya itu, untuk kursi legislatif dari tahun ke tahun terus meningkat. Apalagi adanya UU pemilu yang membuka ruang mengharuskan ada kuota perempuan sebanyak 30 persen.

Hal serupa juga terlihat pada ketatnya persaingan merebut kursi DPD RI asal dapil Sulsel di Pemilu 2024. Dari 33 bakal calon yang menyetor dukungan KTP dan sebarsnya. Lima orang diantaranya representasi srikandi memperebutkan empat kursi.

"Dari 33 calon DPD RI yang memenuhi syarat dukungan KTP dan sebaran daerah. Lima orang diantaranya caleg perempuan," kata Kepala Sub Bagian Teknis KPU Sulsel Muhammad Asri, Senin (2/1).

Berdasarkan data yang dihimpun, lima srikandi yakni Lily Amelia Salurapa (petahana). Sedangkan figur lainya Aliyah Mustika Ilham, Ariella Hana Sinjaya, Sri Rahayu Usmi dan St. Diza Rasyid Ali.

Diketahui, Lily Amelia (petahana) pernah juga bagian dari fungsionaris PDIP. Begitu juga Aliya yang masih melekat dengan statusnya sebagai politisi Demokrat, kini masih menjabat anggota DPR RI fraksi Demokrat.

  • Bagikan