Ulama PKB Beri Dukungan Cak Imin Nyapres Lewat Hasil Ijtima, Pengamat Bilang Begini

  • Bagikan
Cak Imin. (Ist)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Para ulama PKB menyatakan dukungan untuk Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai capres 2024. Dukungan ini merupakan hasil dari ijtima' ulama.

Ijtima' Ulama Nusantara sebelumnya dibuka pada Jumat 13 Januari 2023. Pembukaan dihadiri oleh Wapres RI Ma'ruf Amin dan Menaker RI Ida Fauziah. Ijtima' Ulama ini pun menghasilkan beberapa rekomendasi.

Salah satu rekomendasinya ialah mendukung Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin untuk maju sebagai calon presiden (capres) 2024.

Menanggapi hal ini, Pengamat Politik Muh Asratillah menilai ada beberapa hal yang bisa dicermati. Pertama, sebagian besar segmen pemilih PKB berasal dari kalangan santri. Sehingga, sangat logis jika PKB dan Cak Imin menjadikan para Kiyai melalui mekanisme Ijtima' sebagai sumber legitimasi moral-politik.

"Hal tersebut juga sebagai penegasan ke publik bahwa kaum sarungan secara umum atau kaum nahdiyin secara khusus, solid dalam memberikan dukungan politiknya kepada PKB dan Cak Imin," tutur Direktur Profetik Institute ini, Selasa (17/1).

Lanjut dia. Kedua, sebagai parpol papan menengah ke atas lainnya, PKB juga menegaskan diri sebagai partai yang memiliki kader (dalam hal ini ketua umum), dengan kapasitas yang sangat mumpuni sebagai calon presiden.

  • Bagikan