Viral Pria di Massa Warga Dituduh Curi Anak, Begini Penjelasan Polisi

  • Bagikan
Terduga pelaku berbaju warna hitam. (tankapan layar)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Video berdurasi 54 detik yang memperlihatkan seorang pria diamankan polisi dan menjadi bulan-bulanan warga viral di media sosial (medsos). Dalam keteranganya pria tersebut merupakan pelaku penculikan anak.

Polisi dari Polsek Tamalanrea datang mengamankan pria tersebut lantaran kepergok saat memasuki rumah warga di kawasan Jalan Dampang, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar. Insiden itu terjadi pada Senin (16/1/2023) siang

Kanit Reskrim Polsek Tamalanrea, AKP Nurtjahyana yang dikonfirmasi menjelaskan, dari hasil pendalaman peyidik, pria tersebut bukan pelaku penculikan anak. Pria itu diketahui bernama Saenal Syarifuddin (37).

"Awalnya ini S hanya ingin mencari alamat tukang service TV, tapi dia masuk ke rumah yang saat itu penghuni rumah sedang tertidur," Jelas Nurtjahyana kepada wartawan, Selasa (17/1/2023).

Nurtjahyana menjelaskan bahwa, kala itu rumah warga yang dimasuki Saenal memang dalam kondisi sunyi. Kala itu dalam rumah hanya ada seorang wanita dan anaknya. Saenal mengaku sempat memberi salam, namun tidak direspon oleh pemilik rumah.

"Pas pemilik rumah bangun, spontan teriak sehingga memancing kerumunan warga," jelasnya.

Kasi Humas Polrestabes Makassar, Kompol Lando KS mengatakan, main hakim sendiri yang dilakukan warga itu lantaran panik ihwal kasus penculikan dan pembunuhan yang terjadi beberapa waktu lalu.

"Betul ada orang yang memasuki salah satu pekarangan rumah di sekarang orang traumatik. Ada apa-apa, penculik anak. Masyarakat jangan terlalu percaya hoaks. Jangan sedikit-sedikit penculikan anak. Pelaku sebelumnya, sudah ada. Sekarang itu semua orang traumatik," ujarnya.

Kata Lando, pria sial itu kini sementara diamankan di Mapolsek Tamalanrea guna pemeriksaan lebih lanjut.

"Pelaku sekarang ada di Polsek Tamalanrea. Namanya masuk di pekarangannya orang tanpa izin itu ada undang-undangnya. Ada sanksi percobaan melakukan kejahatan," pungkasnya. (Isak/B)

  • Bagikan