24 Lods Terbakar, Polisi Tunggu Laporan PD Pasar Makassar

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kepolisian belum turun melakukan penyelidikan atas kebakaran yang terjadi di Pasar Terong Makassar, Kecamatan Bontoala, Minggu (5/2/2023) malam. Peristiwa itu menghanguskan 24 lods.

Hingga saat ini, pihak pengelola pasar atau pihak dari Perusahaan Daerah (PD) Pasar Raya Makassar belum melapor atas kejadian tersebut.

Kapolsek Bontoala, Kompol Arifuddin Arif saat dikonfirmasi menyampaikan hingga saat ini belum ada pihak yang dipanggil untuk diperiksa atas kebakaran tersebut mengingat pihaknya juga masih menunggu adanya laporan dari pihak penanggungjawab pasar.

"Untuk sementara belum ada (yang diperiksa) karena belum ada yang melapor. Kami masih menunggu koordinasi dari kepala pasar (PD Pasar Raya Makassar) apakah dia akan datang melapor atau bagaimana," kata Kompol Arifuddin kepada Rakyat Sulsel, Senin (6/2/2023).

Sejauh ini kata Arifuddin, pihaknya hanya mengambil keterangan awal sejumlah saksi yang ada di pasar. Baik dari internal pasar, maupun dari warga sekitar yang hadir di lokasi saat kebakaran terjadi.

"Di lapangan kita hanya mengambil keterangan warga saja bawah dia melihat kebakaran, itu saja. Untuk keterangan awal yang kami temui di TKP ada 2 org, saudara Fitri (warga) dan security Pasar Terong sendiri," sebutnya.

Dalam interogasi awal security Pasar Terong disebutkan, awalnya dia melihat ada kepulan asap keluar dari lantai 3 pasar. Dia pun mengaku tak begitu mengetahui kejadian tersebut karena pada saat api sedang melalap sejumlah lods di lantai dua, security berada di lantai 1 pasar.

"Katanya saat kebakaran dia melihat asap ada di lantai 3, karena dia lagi ada di lantai 1. Menurut keterangannya begitu. Kalau untuk interogasi secara pro justitia sampai sekarang kami masih menunggu siapa yang akan melapor ke Polsek Bontoala untuk dilakukan pemanggilan saksi-saksi," ucap Arifuddin.

Sejauh ini Arifuddin mengaku telah berkoordinasi dengan Camat setempat untuk menyampaikan kepada pihak PD Pasar Raya Makassar agar melapor secara resmi ke Polsek Bontoala.

Tim Inafis Polrestabes Makassar juga disebut telah turun ke lokasi untuk melakukan penyelidikan atas penyebab kebakaran, apakah disebabkan oleh adanya korsleting listrik atau ada hal lainnya.

"Kami sudah koordinasi tadi sama pak camat siapa tau bisa PD Pasarnya diarahkan untuk melapor biar cepat ditindak lanjuti penyebabnya. Apakah hanya listrik atau apa, kita belum tau. Kita juga akan koordinasi dengan pihak Inafis Polrestabes Makassar yang turun ke TKP mengidentifikasi tadi malam," terangnya.

Sementara Direktur Utama PD Pasar Makassar Raya Ichsan Abduh Hussein mengatakan pihaknya juga menunggu hasil dari olah TKP Labfor Polda Sulsel. "Semua tergantung dari olah TKP di Labfor seperti apa (penyebab kebakaran)," jelasnya. (isak/B)

  • Bagikan