Adin Bondar Gagas ALI, BAK Perkuat KOLABORASI LITERASI Nasional

  • Bagikan

Literasi merupakan satu kemampuan, bukan hanya kemampuan membaca, menulis, berhitung dan berbahasa akan tetapi, literasi adalah kemampuan memahami, menganalisis, mensintesakan bahkan mampu menciptakan barang dan jasa. Karenanya literasi perlu terus didorong, dikembangkan, sebab literasi tidak hanya sekadar kata-kata, tetapi literasi adalah sebuah aksi nyata setelah berkata-kata dan dilakukan secara terstruktur dan masif. Harapannya adalah terbentuknya masyarakat yang memiliki satu perilaku kuat agar mereka cakap dalam menjalani hidupnya.

Pada sisi lain, dalam aspek berbangsa dan bernegara, budaya literasi menjadi komponen penting, menumbuhkan budaya kolektif yang cerdas, kreatif, inovatif, antisipatif dan adaptatif. Karenanya literasi mesti didorong terus menerus sehingga mampu bertransformasi di segala bidang pembangunan. Dan hari ini di negeri ini, telah dibuktikan bahwa literasi berperan dalam laju pertumbuhan ekonomi kian didasari pada suatu perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat maju.

“Merawat cita-cita mulia ini perlu kerja-kerja kolaboratif oleh para pihak. Kerja-kerja pejuang tanpa pamrih. Kerena kesejahteraan toh tidak hanya terkait dengan hal materi tapi sangat erat dengan rasa bahagia” Ungkap BAK.

Selanjutnya pantaslah ditunggu langkah-langkah aksi dari kolaborasi para pihak guna mewujudkan giat Akademi Literasi. Insya Allah.

  • Bagikan