Waspada Cuaca Ektrem Sepekan ke Depan

  • Bagikan
Ilustrasi. Warga Diminta Waspada Cuaca Ekstrem, Terutama Masyarakat Pesisir

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar telah mengeluarkan peringatan dini cuaca selama sepekan kedepan untuk sejumlah wilayah di Sulawesi Selatan. Mulai pada tanggal 11 April Hingga 17 April 2023.

Berdasarkan data dari BMKG IV Makassar memprediksi potensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai dengan petir, kilat dan angin kencang di wilayah Kota Makassar, Parepare, Palopo, Kabupaten Gowa, Maros, Pangkep, Barru, Bantaeng, Selayar.

Lanjut, Bulukumba, Sinjai, Sidrap, Luwu, Luwu Timur, Luwu Utara, Toraja Utara, Tana Toraja, Enrekang, Pinrang, Jeneponto dan Takalar.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar Hendra Nakamuddin mengimbau kepada masyarakat Kota Makassar agar waspada selama sepekan kedepan.

Terutama, bagi masyarakat yang tinggal di wilayah rawan terjadi banjir. "Berdasar hal tersebut warga kota diimbau waspada utamanya di wilayah rawan potensi banjir," ujar Hendra, Senin (10/4).

Tak hanya itu, Hendra juga mengingatkan kepada masyarakat agar waspada terhadap dampak-dampak dari peringatan cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG. Pasalnya, ada potensi terjadi angin kencang yang dapat menyebabkan pohon tumbang.

"Karena terdapat potensi angin kencang maka masyarakat diimbau waspada tehadap dampaknya seperti pohon tumbang, kerusakan rumah dan bangunan," ucap Hendra.

Hendra pun membeberkan bahwa saat ini Kota Makassar masih berada dalam musim penghujan. Yang mana, di bulan Mei mendatang baru akan memasuki musim kemarau. "Musim kemarau dimulai awal Mei," tutup Hendra. (sasa/B)

  • Bagikan