Makassar Raih Sertifikat Kapabilitas APIP Level 3

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemerintah Kota Makassar meraih Sertifikat Kapabilitas APIP Level 3 dari hasil pengawasan Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Pusat (BPKP) Provinsi Sulawesi Selatan.

Penyerahan raihan Sertifikat Kapabilitas APIP Level 3 diberikan langsung oleh Kepala BPKP Sulsel, Rizal Suhaili kepada Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto yang berlangsung di Ruang Rapat Sipakatau, Balai Kota Makassar, Jalan Ahmad Yani, Jumat (14/4/2023).

Rizal mengatakan dengan raihan tersebut Kota Makassar sebagai APIP Level 3  berharap Inspektorat Kota Makassar sudah mampu menerapkan pengawasan untuk 3-E  yaitu Efektivitas, Ekonomis, dan Efisiensi dalam setiap pelaksanaan kegiatan di Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Penjaminan itu penting karena hal tersebut menjadi prestasi APIP dari laporan keuangan BPK, dan hasil audit serta opini BPK yang menunjukkan kualitas hasil yang telah dikerjakan dalam menggunakan anggaran negara, maupun anggaran daerah," ucap Rizal.

Ia menambahkan, APIP harus mampu menjadi konsalting, dimana dengan Level 3 maka kemampuan tersebut telah ada pada APIP Inspektorat Kota Makassar.

Seperti diketahui APIP Inspektorat adalah sebuah tangan yang akan menjaga akuntabilitas dalam kewibawaan suatu organisasi dan kepastian apakah program-progam kepala daerah akan mencapai hasil sebagaimana yang dijanjikan.

Maka dari itu, BPKP berhadap peran APIP mengawal didepan, jangan dibelakang sehingga hal-hal yang berindikasikan penyimpangan, pengabaian, kelalaian itu bisa dicegah diawal.

Sementara itu, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto berterimakasih atas capaian yang diraih oleh Pemkot Makassar utamanya kepada Inspektorat Makassar yang telah bekerja keras dalam memenuhi kapabilitas APIP level 3.

Danny sapaan akrabnya menyebut naiknya Level APIP Inspektorat Kota Makassar menjadi tanda bahwa pemerintah kota sesuai dengan visi-misinya. Di mana,  salah satu misinya yakni bagaimana birokrat yang bebas dari indikasi korupsi, memberi gambaran pengawasan menjadi penting dan bagian yang absolut yang harus dilakukan. "Maka tentunya bimbingan BPKP dalam pemberian Level 3, hal tersebut menjadi target Pemkot Makassar," ucap Danny.

Sehingga, Danny  berharap raihan yang telah dicapai oleh APIP Inspektorat Kota Makassar ini dapat dipertahankan. "Saya berharap kinerja Kapabilitas APIP ini.  target kedepan naik lebih tinggi. Tentunya ini indikator menunjukkan kualitas kerja," tutup Danny.

Kepala Inspektorat Makassar, A. Asma Zulistia Ekayanti mengungkapkan raihan APIP Level 3 ini sebelumnya melewati beberapa penilaian dari BPKP Perwakilan Provinsi hingga BPKP pusat.

Di mana, penilaian itu dimulai dari penilaian mandiri, penilaian inspektorat daerah masing-masing, lalu dinilai oleh BPKP perwakilan provinsi, lanjut dinilai lagi oleh BPKP pusat. "Jadi berjenjang smpai ke pusat penilaiannya," ucap Eka.

Eka mengatakan pada penilaian ini diikuti oleh beberapa pemerintah daerah. Namun, Kota Makassar menjadi salah satu  Pemerintah daerah yang meraih APIP Level 3 ini. "Kemarin kan ada beberapa Pemerintha daerah yang ikut, Alhamdulillah tidak semua ini (dapat). Tapi Pemkot Makassar Alhamdulillah berhasil meraih level 3 untuk pertama kalinya," pungkas Eka. (sas/B)

  • Bagikan