Erna Rasyid Taufan Inspirator Keterwakilan Perempuan di Ruang Publik dan Politik

  • Bagikan

  • Pesankan Bacaleg Perempuan di Semua Parpol Bersaing Sehat Tidak Baku 'Bombe'

PAREPARE, RAKSUL- Ketua Tim Penggerak (TP) Kota Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan menjadi sosok inspirasi keterwakilan perempuan di ruang publik dan politik.

Hal itu terlihat saat Istri Taufan Pawe, Wali Kota Parepare ini menjadi pembicara dalam peningkatan atensi keterwakilan perempuan di ruang publik dan politik yang digelar oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Parepare di Balai Ainun, Jumat, (23/6/2023).

"Beliau (Erna Rasyid Taufan) menjadi inspirasi buat kita semua dalam memimpin organisasi publik di Kota Parepare. Beliau Ketua FKPPI, Pramuka yang biasanya dipimpin oleh laki-laki dan juga Ketua Partai besar di Kota Parepare," ujar Plt Kepala DP3A Parepare, Wildana saat membuka kegiatan yang dihadiri sejumlah perempuan perwakilan partai politik (parpol) di Parepare.

"Kita berharap para perempuan dapat berperan dalam pembangunan di kota kita," harap Wildana.

Sementara, Erna Rasyid Taufan yang diundang sebagai Pembicara pada kesempatan itu mendorong dan menginspirasi para keterwakilan perempuan dari berbagai parpol yang kini berstatus sebagai bakal calon legislatif (bacaleg) untuk berupaya menjadi bagian dalam pembangunan.

"Salah satu cara membangun Parepare adalah dengan menjadi Bacaleg. Semoga semuanya lolos dan kita semua dapat bersaing secara sehat dan tidak baku bombe (bermusuhan)," ujar ERAT, akronim politisi agamis ini.

Erna berlatar belakang Dai'ah ini juga memotivasi para Bacaleg perempuan ini agar percaya dengan ketentuan Allah. Ia pun melantunkan surah Ali Imran untuk menguatkan dorongan para Bacaleg perempuan dalam perjuangan sebagai bagian dalam pembangunan.

"Katakanlah (Muhammad), "Wahai Tuhan pemilik kekuasaan, Engkau berikan kekuasaan kepada siapa pun yang Engkau kehendaki, dan Engkau cabut kekuasaan dari siapa pun yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan siapa pun yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan siapa pun yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sungguh, Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu. Engkau masukkan malam ke dalam siang dan Engkau masukkan siang ke dalam malam. Dan Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati, dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. Dan Engkau berikan rezeki kepada siapa yang Engkau kehendaki tanpa perhitungan," Erna mengutip surah Ali Imran ayat 26-27.

Para Bacaleg perempuan yang terlihat dari berbagai parpol seperti Golkar, PAN, PPP, NasDem, Gelora, PDIP, Perindo, Partai Umat, Garuda, PBB dan sejumlah parpol ini pun bertepuk tangan saat Ketua DPD II Partai Golkar Parepare mengajak mereka untuk bersaing secara sehat.

"Nasib kita sudah tertulis di lahul mahfuz. Jadi tidak usah kita baku bombe'-bombe' (musuhan). Sekali lagi bersainglah secara sehat," ulang Erna, menekankan.

Dalam kegiatan itu, nampak antusias para Bacaleg bertanya tentang tips Erna Rasyid Taufan berhasil memimpin ruang publik dan partai politik. “Apa tips Ibu Wali bisa memimpin organisasi publik dan politik sembari menjadi Istri Wali Kota,” tanya Nur Asia, Bacaleg perempuan dari Partai Gelora.

Menimpali itu, Erna pun kembali menekankan pentingnya menjaga salat lima waktu. "Saya seperti air mengalir, menjalaninya dengan sungguh-sungguh. Tapi satu hal yang harus saya perhatikan adalah menjaga waktu salat tepat waktu. Ketika kita menjaga salat maka yakinlah Allah akan menjaga waktu kita," timpal Erna Rasyid Taufan. (*)

  • Bagikan