Kloter 1 dan 2 Debarkasi Makassar Tiba 5 Juli

  • Bagikan
Ilustrasi

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemulangan Jemaah Haji ke tanah air dimulai besok. Khusus untuk Debarkasi Makassar, ada dua kloter dengan total 776 jemaah yang akan pulang, Rabu 5 Juli 2023.

Sekretaris Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH), Ali Yafid mengatakan, pihaknya telah melakukan persiapan untuk menyambut para jemaah haji. "Kami sudah lakukan persiapan untuk kedatangan jemaah," ujarnya, 2/7/2023).

Dari segi kesehatan sendiri, pihaknya menyediakan ambulance sebagai bentuk antisipasi apabila terdapat jemaah yang direkomendasikan rujukan perawatan di rumah sakit.

Bahkan kata dia, beberapa rumah sakit juga telah disiapkan sebagai tujuan rujukan apabila terdapat jemaah yang membutuhkan. "Ambulance itu akan disiapkan oleh teman-teman dari tim kesehatan, selanjutnya dari tim kesehatan menyiapkan rumah sakit terdekat untuk mengantisipasi jemaah yang mungkin setelah turun dari pesawat mengalami gangguan kesehatan," ungkapnya.

Ia membeberkan, sebanyak dua kloter bakal menapak di Debarkasi Makassar yaitu kloter satu (Kota Makassar) pada pukul 9.15 WITA dan kloter dua (Soppeng, selayar dan Makassar) pukul 22.30 WITA.

"Kloter satu itu 388 jemaah, kloter dua dari Soppeng sebanyak 248 jemaah, Selayar 107 jemaah dan Makassar sebanyak 33 jrmaah," jelasnya.

Sementara itu, Pranata Humas Kemenag Sulsel, Mawardi Sirajudin mengatakan, pada tanggal 4 Juli mendatang (besok) itu akan dilakukan apel persiapan untuk kepulangan jemaah haji yang telah dijadwalkan.

"Jadi untuk PPIH Debarkasi itu beberapa kepanitiaan berubah, namun untuk persiapannya sendiri itu bakal dilakukan apel persiapan sekaitan dengan pemulangan jemaah haji pada tanggal 5 Juli nanti," terang Mawardi.

"Saat ini, segala persiapan terus dilakukan pemantapan," tutup Mawardi Sirajuddin. (abu/B)

  • Bagikan