Garap Batas Pinrang-Toraja, Pemprov Sulsel Gelontorkan Rp9,8 Miliar

  • Bagikan
Pengerjaan Ruas Jalan Tuppu - Pao - Pamulungan jalan perbatasan Kabupaten Pinrang dan Kabupaten Tana Toraja

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Ruas Jalan Tuppu - Pao - Pamulungan jalan perbatasan Kabupaten Pinrang dan Kabupaten Tana Toraja terus digarap Pemprov Sulsel.

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman meyampaikan, ruas itu saat ini sedang tahap pekerjaan galian/cuttingan untuk pembukaan jalan. Selain itu, juga ada pasangan batu dan saluran drainase.

"Alhamdulillah, sedang progres pengerjaan pembangunan jalan pada ruas Tuppu - Pao - Pamulungan - batas Kabupaten Tana Toraja di Kabupaten Pinrang," kata Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, Minggu (6/8/2023).

"Secara bertahap kami tangani untuk perintisan jalan yang akan membuka akses wilayah terisolir secara bertahap," tukasnya.

Ia mengutarakan, Akses ini nantinya akan membuka jalur yang menghubungkan kedua kabupaten di perbatasan Sulsel itu. Serta akan menjadi akses alternatif dari Provinsi Sulawesi Barat menuju Toraja.

Andi Sudirman berharap agar pembangunan ruas jalan tersebut mendapatkan dukungan masyarakat setempat. "Mohon doa dan dukungan untuk kelancaran pembangunan jalan ini," harapnya.

Kepala Bidang Preservasi Jalan dan Jembatan Dinas BMBK Sulsel, Irawan Dermayasamin mengutarakan, saat ini yang menjadi fokus Pemprov Sulsel ialah pembukaan ruas terisolir dan rusak parah. Selain itu, pembukaan jalur alternatif mempermudah akses masyarakat antar daerah.

Kata dia,  ruas tersebut diharapkan mempermudah mobilitas barang dan jasa. Selain itu, juga akses menuju lokasi wisata yang kaya di Tana Toraja. 

"Anggarannya (Pagu) Rp12 miliar. Tapi nilai kontrak pelaksanaannya Rp9,8 miliar," tuturnya. (Abu/A)

  • Bagikan