Batara Gowa Makassar Wakili Indonesia di Ajang Battery Dance Festival ke-42 di New York

  • Bagikan
Delegasi Batara Gowa

NEW YORK, RAKYATSULSEL - Kota New York memiliki pesona besar dalam berbagai bidang, termasuk bidang pertunjukan teater. Kota ini memiliki industri seni pertunjukan terkenal yang berpusat di jalanan Broadway, Manhattan dimana setiap harinya selalu ada pertunjukan dan festival yang melibatkan para seniman dan pekerja seni profesional dari penjuru dunia.

Popularitas industri seni pertunjukan Broadway membuat banyak kota di berbagai negara berkiblat ke sana, baik dalam hal artistik maupun pengelolaan. Begitupun, festival seni di Broadway selalu punya nilai jual di seluruh dunia.

Battery Dance Festival yang diselenggarakan oleh Battery Dance Company dengan dukungan New York City Cultural Affairs dan New York Council of The Arts merupakan salah satu festival bergengsi di New York. Setiap tahun, Battery Dance Festival menarik lebih dari 12.000 penonton secara langsung dan lebih dari 166.000 penonton virtual.

Pada tahun 2023 kegiatan ini diadakan pada tanggal 12-19 Agustus 2023 di Rockefeller Park dimana lebih dari 350 kelompok seni lokal dari Amerika Serikat dan kelompok seni internasional dikurasi oleh kurator independen menjadi 25 kelompok seni dari Amerika Serikat dan 6 kelompok seni internasional yang terpilih mementaskan karya terbaik mereka pada Battery Dance Festival.

Menjadi kebanggaan bersama pada tahun ini Lembaga Seni Budaya Batara Gowa dari Kota Makassar, Sulawesi Selatan terpilih untuk menampilkan karya terbaiknya sebagai debut Indonesia pada festival tari terlama di New York yang telah memasuki tahun ke-42 dalam pelaksanaannya.

Adapun karya yang akan ditampilkan berjudul “Lebonna” yang diadaptasi dari cerita rakyat Toraja Massudilalong Sola Lebonna dibawah arahan artistic director Andi Redo dan koreografer Nur Asma Syukur.

"Janji sehidup semati panglima perang Massudilalong Paerengan dan pujaan hatinya Lebonna gadis tercantik di kampungnya ini diangkat dalam karya tari berdurasi 25 menit dengan menampilkan keunikan budaya Toraja dalam ragam gerak, nyanyian, dan sastra tutur. Karya ini akan ditampilkan pada tanggal 13 dan 14 Agustus 2023 di Rockefeller Park, New York," ucap Redo.

Selain pertunjukan tari, Andi Redo dan Batara Gowa juga akan memberikan workshop “Ma’lino: meditation on motion” dimana peserta workshop akan diajak menemukan “kekuatan baru” dalam diri mereka dengan mengeksplorasi elemen mind-wellness melalui metode Ma’lino yang dipopulerkan pertama kali oleh Andi Ummu Tunru, maestro tari dan pendiri Batara Gowa. Workshop ini akan diadakan pada tanggal 14 Agustus 2023 di Battery Dance Studio, Broadway.

Delegasi Batara Gowa terdiri dari:
1. Andi Muhammad Redo (Artistic Director, Musik)
2. Nur Asma Syukur (Koreografer, Aktris, Penari)
3. Luna Vidya (Aktris, Penutur)
4. Syamsuddin S. (Aktor, Musik)
5. Muhammad Rezha Firmansyah (Aktor, Penari)
6. Jelly Engrita Pualullin (Aktris, Penari)
7. Mohammad Reiza (Group Manager, Narator)

Rombongan delegasi Batara Gowa akan berada di Amerika Serikat sejak tanggal 11 hingga 20 Agustus 2023. Selain New York, Batara Gowa juga akan mengunjungi Washington DC dan Philadelphia sebagai rangkain misi diplomasi budaya untuk membangun jejaring terhadap pelaku seni budaya di daerah tersebut.

Pada kegiatan ini Batara Gowa didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui program Fasilitasi Bidang Kebudayaan Interaksi Budaya Internasional.

Selain itu Batara Gowa turut didukung oleh Battery Dance Company dan Kampung Seni Baruga Kaluarrang. (Yadi/A)

  • Bagikan