Kawal Pemilu 2024, Kapolda Sulsel Ajak Masyarakat Tetap Ciptakan Suasana Kondusif dan Harmonis

  • Bagikan
Kapolda Sulsel, Irjen Pol Setyo Boedi Moempoeni Harso

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kapolda Sulsel, Irjen Pol Setyo Boedi Moempoeni Harso ajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan Pemilu yang bakal digelar pada 14 Februari 2024 mendatang. 

Pernyataan itu disampaikan Kapolda Sulsel saat menghadiri agenda Deklarasi Pemilu damai 2024, yang digelar KPU Provinsi Sulsel di Hotel Claro Makassar, Rabu (23/8/2023) siang. 

"Pemilu adalah satu momentum penting dalam kehidupan demokrasi kita. Pemilu menjadi ajang untuk mengungkapkan pilihan politik kita dan menentukan pemimpin yang akan memimpin negara kita (Republik Indonesia)," ujar Irjen Setyo Boedi dalam sambutannya. 

Dia juga menyampaikan, sangat disayangkan jika proses pemilihan yang seharusnya jadi ajang yang demokratis dan damai tidak dikawal dengan baik agar dalat berlangsung aman dan damai, serta tidak terjadi ketegangan atar kelompok ataupun polarisasi masyarakat. 

"Untuk itu, mari menjaga dan memelihara pemilu yang akan datang, melalui deklarasi ini tentu kita semua berharap dapat menciptakan suasana yang kondusif dan harmonis. Di mana setiap warga negara nantinya dapat berpartisipasi aktif tanpa rasa takut, intimidasi, atau kekerasan," pesannya. 

Dalam deklarasi itu, Setyo juga menyampaikan seluruhnya sepakat untuk menghormati hal demokrasi setiap individu dan kelompok.

"Dalam deklarasi ini, kita sepakat untuk menghormati hak-hak demokrasi setiap individu dan kelompok," ujarnya. 

Selain menghormati hak demokrasi setiap individu dan kelompok, menghormati pandangan politik setiap warga masyarakat juga disebut penting dalam mewujudkan nilai-nilai demokrasi.

"Kita melarang segala bentuk provokasi, kekerasan dan perbedaan lainnya yang dapat memicu terjadinya konflik di antara kita," bebernya. 

Lebih jauh, Setyo mengajak seluruh masyarakat terkait untuk sama-sama saling menghargai dalam menentukan pilihan pada Pemilu 2024 mendatang.

Pemilu disebut merupakan pondasi bagi kemajuan sebuah negara. Olehnya itu, sudah sepatutnya untuk dijalani dengan tanpa hal-hal yang tidak diinginkan.

"Mari sering menghargai, mencari solusi terbaik bagi bangsa kita. Pemilu merupakan pondasi yang kuat bagi kemajuan negara kita. Mari kita jadikan ini sebagai langkah awal untuk persatuan bangsa kita," ucap Setyo.

Dengan begitu, Pemilu mendatang disebut akan melahirkan pemimpin-pemimpin yang bisa membawa Indonesia ke arah yang lebih baik.

"Kita memastikan Pemilu 2024 bisa berjalan dengan adil, jujur, dan berkualitas," pungkasnya. (Isak/B)

  • Bagikan