DPRD Sulsel Sampaikan Sejumlah Persoalan yang Harus Dituntaskan Pj Gubernur Sulsel

  • Bagikan
Kantor DPRD Sulsel

"Fraksi PPP menemukan banyak program-program yang berbasis langsung pada kepentingan masyarakat tidak berjalan bahkan menjadi sasaran parsial untuk di potong olehnya itu PPP mengharapkan agar pemerintah konsisten untuk tetap mendahulukan program-program yang memfasilitasi kepentingan dasar masyarakat," demikian saranya.

PPP meminta agar TAPD memberikan data terkait progressdan realisasi bantuan Keuangan Kabupaten Kota. Juga meminta merasionalisasikan secara komperehensif kenaikan perubahan anggaran 2023 mengingat masih banyaknya anggaran OPD yang belum terealisasi serta dana transfer ke daerah pada APBD lalu.

"Perlu penjelasan terkait bentuk kegiatan program prioritas Pj Gubernur dalam mengentaskan kemiskinan ekstrem yang dalam data BPM ada 2 Kabupaten tersisa yakni Toraja Utara dan Takalar," jelasnya.

PPP juga meminta langkah konkrit Pemerintah Provinsi dalam membantu penanganan dampak kemarau yang panjang yang terjadi kuhususnya bagi pertanian sebagai lumbung padi di kawasan Indonesia Timur.

"Serta mengantisipasi dan memitigasi akibat perubahaan cuaca yang tidak hanya terkonsentrasi diwilayah daratan melainkan wilayah kepulauan juga dianggap perlu mendapat perhatian," tutupnya.

Selanjutnya, dari fraksi Gerindra disampaikan Heny Latief mengutarakan ada beberapa hal yang harus dituntaskan segera Pemprov. Saat ini, penting menjadi catatan, dimana dengan 40 persen anggaran yang dialokasikan untuk penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) tentu akan berimplikasi pada program lainnya.

Sehingga butuh lebih cermat untuk memastikan kebutuhan dan keinginan rakyat tetap terpenuhi. Apa lagi saat ini, Sulsel menghadapi ancaman kekeringan akibat fenomena El Nino.

"Langkah antisipatif dengan menguatkan konsep adaptive governanceyang tentunya dengan dukungan anggaran untuk meminimalkan kerugian bagi masyarakat Hadirin yang kami hormati," jelasnya.

Menyikapi Rancangan Peraturan Daerah (RANPERDA) Tentang perubahan APBD tahun anggaran 2023. Fraksi Partai Gerindra memiliki berbagai pernyataan kritis serta pertanyaan. Beberapa pernyataan kritis dan pertanyaan yang diajukan adalah sebagai berikut.

  • Bagikan