Sepanjang September 2023, Damkar Makassar Sudah Tangani 63 Kasus Kebakaran

  • Bagikan
Personel Damkar Kota Makassar tengah berusaha memadamkan api di lokasi kebakaran, Jalan Barukang Utara.

"Bakar sampah untuk sebaiknya di tahan-tahan dulu karena bisa saja saat membakar sampah kondisi di sekitarnya kering dan suhu panas dari cuaca yang ekstrem akhirnya kebakarannya bisa melebar," tutup Andi Ikhsan.

Sementara itu, Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Kota Makassar, Hanafi Hamzah mengatakan peningkatan jumlah kebakaran yang terjadi di tahun ini disebabkan oleh kondisi suhu yang lebih panas dan kering dibandingkan tahun lalu.

"Udara kita lebih kering sehingga untuk potensi kebakaran jauh lebih dibandingkan periode yang sama tahun lalu," ucap Hanafi.

Hanafi menjelaskan di tahun lalu cuaca dipengaruhi oleh fenomena La Niña dengan curah hujan yang cukup tinggi sehingga menghasilkan musim kemarau yang lebih lembap dan minim potensi kebakaran.

Sedangkan, tahun ini mengalami fenomena El Nino yang memiliki efek yang berbeda. Di mana, El Nino menyebabkan cuaca lebih kering, yang menciptakan kondisi yang sangat rentan terhadap kebakaran.

"Karena tahun ini udara kita lebih panas. Udara kita lebih kering sehingga untuk potensi kebakaran jauh lebih dibandingkan periode yang sama tahun lalu," tutup Hanafi. (Shasa/B)

  • Bagikan