Sepanjang September 2023, Damkar Makassar Sudah Tangani 63 Kasus Kebakaran

  • Bagikan
Personel Damkar Kota Makassar tengah berusaha memadamkan api di lokasi kebakaran, Jalan Barukang Utara.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar mencatat selama tiga pekan terakhir di bulan September kebakaran telah terjadi sebanyak 63 kasus. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan September tahun 2022 yakni 18 kasus.

Secara akumulasi total kebakaran sepanjang Januari - September 2023 yakni 212 kasus, sedangkan diperiode yang sama tahun 2022 yaitu 125 kasus

Kepala Seksi Kebakaran dan Investigasi Damkar Kota Makassar, Andi Akbar Ikhsan mengakui adanya peningkatan jumlah kasus kebakaran selama bulan September 2023.

Peristiwa tersebut didominasi oleh kebakaran lahan atau alang-alang sekitar 70 persen dan 30 persen oleh kebakaran bangunan seperti pemukiman warga dan gudang.

Andi Ikhsan mengatakan peningkatan jumlah kebakaran yang terjadi ada kemungkinan disebabkan oleh pengaruh suhu panas akibat musim kemarau yang diperparah oleh El Nino. 

"Kemarin itu cuaca hingga 34 derajat itu memang sangat-sangat berpotensi untuk terjadinya kebakaran," ungkap Andi Ikhsan, saat dikonfirmasi Senin (25/9).

Tak hanya itu, gesekan ranting alang-alang yang kering akibat angin yang kencang juga dapat memicu kebakaran alang-alang

Andi Ikhsan pun mengimbau kepada masyarakat untuk saat ini tidak melakukan pembakaran sampah yang dapat memicu terjadinya kebakaran lahan atau alang-alang.

  • Bagikan