Mahasiswa Prodi Kesmas FKIK UINAM Gelar Pengalaman Belajar Lapangan di Desa Kanreapia Gowa

  • Bagikan
Sosialisasi pentingnya menjaga kesehatan kepada siswadi Desa Kanrea.

GOWA, RAKYATSULSEL - Mahasiswa Program Studi (Prodi) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Alauddin Makassar menggelar Pengalaman Belajar Lapangan (PBL), di Desa Kanreapia, Kecamatan Tombolopao, Kabupaten Gowa.

Kegiatan PBL ini dilaksanakan selama dua pekan, mulai dari 3 - 14 Oktober 2023, yang pesertanya adalah seluruh mahasiswa Kesejahteraan Masyarakat yang telah menginjak semester lima.

Secara keseluruhan, mahasiswa yang ikut serta dalam kegiatan ini sebanyak 100 orang dan dibagi menjadi 12 posko, dimana setiap posko terdiri dari 10 sampai 11 mahasiswa.

Kemudian setiap posko membuat kegiatan dan program kerja masing-masing, untuk mengetahui dan mengatasi permasalahan kesehatan pada masyarakat, terutama pada dusun Bontona RT 3 RW 1, yang memiliki permasalahan kesehatan pada keluarga.

Adapun tujuan dilaksanakannya Pengalaman Belajar Lapangan ini bagi mahasiswa adalah memberikan pengalaman atas mata kuliah dan pembelajaran yang telah didapatkan dan untuk mengimplementasikan pada masyarakat.

Kemudian bagi masyarakat, akan mendapatkan manfaat dari pelaksanaan program implementasi PBL secara gratis. Sebab masyarakat mulai kalangan ibu-ibu, bapak-bapak maupun anak-anak hingga lansia akan mendapatkan ilmu bagaimana agar tetap menjaga kesehatan lingkungan, agar terhindar dari penyakit/virus yang menyebar

Pengalaman Belajar Lapangan ini juga sekaligus berfungsi sebagai penelitian, dimana seluruh kegiatan PBL akan dikemas dalam bentuk penelitian dan akan diterbitkan.

Kegiatan PBL mahasiswa Prodi Kesmas FKIK UIN Alauddin Makassar ini pun mendapat apresiasi dan disambut antusias oleh Pemerintah Desa serta masyarakat Desa Kanreapia. (*)

Citizen Reporter: Nur Azifha Arham
Mahasiswa UIN Alauddin Makassar

  • Bagikan