Buka ONMIPA PT Tingkat Nasional, Rektor Unhas: Basic Sains Kunci Indonesia Maju

  • Bagikan
Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ONMIPA PT) tingkat nasional tahun 2024 resmi dibuka, di Auditorium Prof Amiruddin Universitas Hasanuddin.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ONMIPA PT) tingkat nasional tahun 2024 resmi dibuka, di Auditorium Prof Amiruddin Universitas Hasanuddin (Unhas). 

Ajang prestasi nasional ini dibuka oleh Dirjen Diktiristek Prof Dr Rer Nat Abdul Haris MSc yang hadir secara virtual.

ONMIPA PT adalah salah satu kompetisi nasional bergengsi pada bidang akademik antar PT yang dilakukan setiap tahun. Kegiatan ini diselenggarakan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) yang tahun ini bekerja sama dengan Unhas sebagai host.

Hadir dalam kegiatan ini Rektor Unhas Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa MSc, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof drg Muhammad Ruslin MKes PhD SpBM(K), Direktur Kemahasiswaan Abdullah Sanusi PhD, tim BPTI, tim juri, pimpinan dan pembina kemahasiswaan perguruan tinggi se Indonesia, serta mahasiswa peserta ONMIPA.

"Tahun ini ONMIPA PT diikuti 260 peserta dari 89 universitas di seluruh Indonesia. Peserta tersebut sebelumnya telah mengikuti seleksi tingkat wilayah dan dinyatakan lolos ke tingkat nasional," kata Prof Jamaluddin Jompa, Selasa (14/5/2024).

Dia menyampaikan agar ONMIPA ini bukan hanya ajang kompetisi tapi menjadi momentum memunculkan kembali semangat baru agar Indonesia tidak tertinggal di bidang  Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM).

  • Bagikan